Tujuh Dampak Perilaku Sek Bebas


Perilaku sek bebas

spirit.my.id – Pergaulan sangat menentukan perilaku. Bergaul dengan yang baik hasilnya akan baik, sebaliknya dengan yang buruk hasilnya buruk pula.

Salah satu perilaku yang banyak menyedot perhatian saat ini adalah perilaku sek bebas terlebih dikalangan milineal.

Hal ini terjadi bisa karena pantauan orang tua minim, kurangnya pengetahuan tentang agama diperkuat kemajuan teknologi yang tidak dimanfaatkan dengan bijak sehingga memicu perilaku yang menyimpang.

Perilaku sex bebas sangat berdampak negatif bagi perkembangan si pelaku. 

Berikut refleksi akibat sex bebas :

1. Hilangnya harga diri
Hilangnya kehormatan dan jatuh martabatnya baik di hadapan Tuhan maupun sesama manusia serta merusak masa depannya, dan meninggalkan memori buruk yang berkepanjangan bukan saja kepada pelakunya bahkan kepada seluruh keluarganya. Kehormatan sangat penting bagi setiap manusia, terutama pada wanita. Jika kehormatan tersebut sudah hilang maka akan jelas terlihat perbedaannya dengan wanita yang masih menjaganya.

2. Prestasi menurun
Apabila seorang remaja sudah melakukan seks bebas, maka pikirannya akan selalu tertuju pada hal negatif tersebut. Rasa ingin mengulanginya selalu ada, sehingga tingkat kefokusannya dalam mengikuti proses belajar akan menurun. Malas belajar, malas mengerjakan tugas dan lain sebagainya dapat menurunkan prestasi remaja tersebut.

3. Hamil di Luar Nikah
Hamil diluar nikah akan sangat menimbulkan masalah bagi pelaku. Terutama bagi remaja yang masih sekolah, pihak sekolah akan mengeluarkan pelaku jika ketahuan siswanya kedepatan ada yang hamil. Sedangkan bagi pelaku yang kuliah hamil diluar nikah akan menimbulkan rasa malu yang luar biasa terutama orang tua.

4. Aborsi dan Bunuh Diri
Terjadinya hamil diluar nikah akibat seks bebas akan menutup jalan pikiran pelaku, guna menutupi keburukan ataupun mencari jalan keluar agar tidak merusak nama baik dirinya dan keluarganya hal tersebut dapat berujung pada pembunuhan janin melalui aborsi bahkan bunuh diri.

5. Tercorengnya Nama Baik Keluarga
Semua orang tua akan merasa sakit hatinya jika anak yang dibangga-banggakan juga diidam-idamkan hamil diluar nikah. Nama baik keluarga akan tercoreng karna hal tersebut, dan hal tersebut akan meninggalkan luka yang mendalam dihati keluarga.

6. Tekanan Batin
Tekanan batin yang mendalam dikarenakan penyesalan. Akibat penyesalan tersebut pelaku akan sering murung dan berpikir yang tidak rasional.

7. Terjangkit Penyakit
Mudah terjangkit penyakit HIV/AIDS serta penyakit-penyakit kelamin yang mematikan, seperti penyakit herpes dan kanker mulut rahim. Jika hal tersebut terus dilakukan, penyakit tersebut dapat menularkannya pada orang lain disekitarnya dan cukup membahayakan.

Terkait ini, seorang mahasiswi, berkomentar. 

Dikatakannya, sex bebas di kalangan remaja cukup memprihatinkan.

“Faktor lain bisa jadi broken home, atau orang itu mendengar cerita dari orang lain atau melihat, sehingga muncul rasa ingin tahu dan mencari – cari tahu lalu mencoba akhirnya menjadi kebiasaan,”ucapnya pada Redaksi.

Mirisnya lagi, menurutnya, anak jaman sekarang sudah tak punya rasa malu, seolah hal biasa malahan disebagian kalangan menyebut sek bebas bisa menaikan status sosial.

“Perlu pendidikan sex sejak usia dini, tak usah tabuhlah kan ini demi kebaikan kita semua. Supaya tidak terjerumus dan bisa lebih menjaga pergaulannya,”tambahnya.

Malahan, Erna, biasa dipanggil, menyarankan dimasukan ke Pesantren agar karakternya semakin terbina dengan baik.

"Jadi bisa tahu diri, mana yang baik mana yang engga boleh, ada rem tidak akan blong pergaulannya,"pungkasnya.

(Res)


Post a Comment for "Tujuh Dampak Perilaku Sek Bebas"