Taman Bacaan Masyarakat (TBM) NURUL HUDA CITAPEN (NURAPEN) Resmi Berdiri Ini Profilnya

 

tbm nurul huda


spirit.my.id - Taman Bacaan Masyarakat Nurul Huda Citapen yang disingkat TBM NURAPEN ini didirikan berawal dari sejak saya kuliah D2 Perpustakaan di Universitas Terbuka tahun 2011, dan tahun 2013 bekerja sebagai tenaga honorer pustakawan di SDN 1 Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. 

Pada tahun 2018, saya menjadi fasilitator perpustakaan KBB untuk Kecamatan Cipongkor dan Sindangkerta, dan menjadi petugas teknis Kotak Literasi Cerdas atau KOLECER yang berada di Lembang, sebagai tenaga kontrak selama 9 bulan dari bulan April sampai Desember 2019. yang merupakan program  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dibawah tanggung jawab Dispusipda Jabar. 

Mulai bulan Januari 2020 sampai sekarang saya direkrut jadi tenaga kerja kontrak atau TKK di DISARPUS KBB, dengan tugas yang sama yaitu sebagai petugas teknis KOLECER, Cuma sekarang mengelola yang ada di Kecamatan Cililin tepatnya di Masjid Besar Cililin, yang notabene jaraknya lebih dekat daripada ke Lembang, 

Alhamdulillah. Perjalanan hidup saya tersebut mendorong saya untuk lebih mencintai dan fokus pada pekerjaan saya yang berhubungan dengan perpustakaan yang identik dengan literasi, buku dan membaca. Alhasil mendorong saya untuk mengamalkan ilmu yang didapat ketika kuliah didorong pekerjaan saya yang tidak lepas dari buku, untuk mendirikan sebuah tempat membaca di lingkungan tempat tinggal saya.

 Dimulai dari mengumpulkan buku-buku milik sendiri yang ketika dulu masih sekolah, ditambah buku dari saudara, tetangga, teman, dan sumbangan dari masyarakat. Juga melalui media sosial, saya memberitahukan barang kali ada yang mau menyumbangkan bukunya. 

Alhamdulillah, dengan cara tersebut mulai terkumpul banyak buku dengan judul yang beragam, Buku yang sudah terkumpul itu saya simpan di Masjid Nurul Huda dekat tempat tinggal saya agar dibaca oleh para santri sebelum mereka mengaji.

Itulah faktor yang mendorong saya dan pengelola untuk mendirikan Taman Bacaan Masyarakat. Disamping itu, Banyak masyarakat yang memiliki buku bekas yang dibiarkan begitu saja, mendorong saya untuk berinisiatif menampung dan memanfaatkan buku tersebut untuk dibaca, 

Kondisi masyarakat yang apatis terhadap pendidikan, kurangnya SDM yang memadai, serta diperparah dengan budaya masyarakat yang konsumtif, juga rendahnya minat membaca masyarakat, juga untuk mewadahi kegiatan masyarakat yang memiliki keahlian dalam kerajinan tangan agar bisa berkembang dan menjadi nilai ekonomi yang bisa meningkatkan kesejahteraan, sesuai dengan slogan “Literasi Untuk Kesejahteraan”. menjadikan dasar dibentuknya TBM NURAPEN di Desa Citapen ini.




 VISI DAN MISI

1. Visi “Turut berperan aktif mengisi pembangunan dalam bidang pendidikan dengan menciptakan budaya baca pada masyarakat serta memperkaya wawasan masyarakat melalui buku dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

2. Misi  Menyediakan buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat ü Menjadikan kegiatan membaca buku menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat ü Menjadi forum silaturahmi yang menjembatani terlaksananya kegiatan-kegiatan positif yang sifatnya mengembangkan diri.

TUJUAN

 Tujuan didirikannya TBM NURAPEN ini adalah: 

1. Untuk meningkatkan kemampuan baca, tulis, dan hitung sekaligus meningkatkan semangat gemar membaca dan belajar masyarakat dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu meningkatkan mereka ke arah kehidupan yang lebih sejahtera sesuai dengan slogan “Literasi Untuk Kesejahteraan”. 

2. Sebagai wadah yang menyediakan bahan bacaan dan sumber informasi yang cepat, tepat dan murah bagi masyarakat lewat buku-buku pustaka untuk meningkatkan pengetahuan dan memotivasi budaya membaca masyarakat sehingga tercipta masyarakat gemar belajar. 

3. Membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas yang melek informasi yang BAL (Benar, Akurat, Lengkap). 

4. Menjadi sebuah wadah kegiatan belajar masyarakat pembelajar sepanjang hayat. 

5. Mewujudkan kualitas dan kemandirian masyarakat yang berpengetahuan, berketerampilan, berbudaya, maju dan beradab. 

6. Mengadakan TBM yang mempunyai koleksi buku yang lengkap dan sesuai kebutuhan warga masyarakat. 

7. Mensosialisasikan TBM pada masyarakat agar dapat menggerakkan, mendorong masyarakat melalui lomba minat baca maupun promosi dan sosialisasi minat baca.

8. Mengadakan TBM dengan manajemen yang sederhana, sehingga dapat memunculkan ketertarikan masyarakat untuk ikut berpartisipasi memajukan TBM. 

9. Bertindak selaku agen cultural , artinya taman bacaan masyarakat (TBM) pusat utama kehidupan budaya bagi masyarakat sekitarnya. 

10. Melakukan kegiatan - kegiatan seperti: lomba-lomba, studi banding ke TBM/perpustakaan daerah lainnya.

STRUKTUR ORGANISASI 

Didalam pelaksanaan kegiatan TBM NURAPEN ini dibentuk suatu organisasi pengurus supaya proses kegiatan dapat berjalan dengan lancar, dengan susunan sebagai berikut: 

1. Pembina : H. Endin Wahyudin 

                           Agus Sidiq 

2. Ketua : Budiman Santosa, S.I.Pust. 

3. Sekretaris : Widi Agustia 

4. Bendahara : Ika Mustika 

5. Seksi Pengadaan : Rama Wahyu Pangestu 

6. Seksi Pengolahan : Annisa Apriyanti Rahman 

7. Seksi Pelayanan : Salma Nurherdyani

8. Seksi Publikasi : Adinda Syalwa Kamila 

9. Seksi Humas : Restu Nugraha

LOKASI TBM

TBM NURAPEN ini berada di Kampung Gunung Dukuh, RT 02 RW 09 Desa Citapen Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, dengan menggunakan fasilitas gedung milik orang tua Budiman Santosa selaku Ketua TBM. Dan Kegiatan dilaksanakan di Masjid Nurul Huda.

Penulis :

(Budiman Santosa, ketua TBM).

 

Post a Comment for " Taman Bacaan Masyarakat (TBM) NURUL HUDA CITAPEN (NURAPEN) Resmi Berdiri Ini Profilnya"