Entrepreneur : Berdiri di Atas Kaki Sendiri


usaha mandiri
Untuk menjadi enterpreuneur yang sukses tidak hanya mengandalkan duit belaka tapi
ada kemauan menjadi bagian solutif.

spirit.my.id - Untuk menjadi seorang entrepreneur sejati tak semudah membalikan tangan, banyak syarat yang harus dipenuhi, tidak cukup hanya mengandalkan semangat dan duit doang.
Artikel Terkait :



Terkait ini,  Astri Aprilia Anjani, seorang entrepreneur muda, menjelaskan potensi kaum milineal Indonesia untuk menjadi seorang pengusaha cukup terbuka lebar pasalnya dengan kemajuan teknologi memudahkan orang untuk melakukan terobosan.

“Dapat disimpulkan entrepreneur muda dialah orang yangg berusia 17-25 tahun yang mempunyai keinginan menjadi seorang solutif dengan taktif bagi problematika yang ada yang bisa menguntungkan kedua belah pihak,” katanya pada redaksi.

Mojang Bandung yang bercita – cita menjadi pengusaha sukses itu memaparkan, dengan begitu,banyak wirausahawan yang menggunakan jasa start up karena mampu memaksimalkan perdagangannya.

“Adanya revolusi industri 4.0 pada jaman sekarang memudahkan orang yang mau memulai berwirausaha dengan memanfaatkan kemajuan digital menggunakan berbagai marketplace sebagai E-Commerce (Elektronik commerce),” terang pengurus Himpunan Pengusaha Mahasiswa Unikom (HIPMA) itu.


Meski begitu, dara kelahiran 19 April 1998 ini tak memungkiri, hambatan yang bakal dihadapi cukup menantang terutama bagi pemula. Salah satunya adalah makin maraknya game online yang bikin kecanduan mengakibatkan munculnya sifat apatis (cuek) 

“Sehingga tidak memperdulikan kemajuan digital dalam segi ekonomi seperti happeningnya marketplace. Rasa ingin tau kurang sehingga meskipun banyak orang yang menggaungkan mengenai Entrepreneur akan menjadi percuma jika cepat merasa puas dalam menimba ilmu & tidak mengaplikasikannya dalam bisnis,” tandas gadis penyuka makanan salad buah ini.

Baca Juga :


Tapi, gadis yang hobi hunting foody itu, menegaskan jika berhasil suatu kebangaan yang tak terhingga, sebab mampu berdiri diatas kaki sendiri tanpa ditunjuk tangan orang lain. Sekecil apapun usahanya entrepreneur adalah bosnya.

“Harapan untuk anak muda jadilah seorang yang bisa membawa kemajuan bangsa salah satunya dengan menjadi entrepreneur. Tidak ada yang sulit selagi mau belajar tidak yangg tidak mungkin selagi mau memulai. Jadilah pelaku sejarah bukan hanya penonton sejarah,”pungkas mahasiswi  tersebut  mengakhiri.

 karakteristik yang dimiliki entrepreneurship :

1. Melihat arah masa depan
2. Planner
3. Sifat kekeluargaan lebih erat
4. Solutif
5. Tidak cepat merasa puas
6. Peduli lingkungan sekitar
7. Berani mengambil resiko

Dorongan Seseorang menjadi Entrepreneur :

1. Gen (Keturunan pengusaha)
2. Lingkungan teman – teman yang mempenyuai visi berwirausaha
3. Permasalahan disekitarm

Hambatan Seseorang menjadi Entrepreneur 

1. Lingkungan yang tidak mendukung contohnya bergau / berada dengan orang- orang yang tidak mempunyai visi yang sama.
2. Pemalas.
3. Konsumtif dampaknya setiap keuntungan yang didapat hanya untuk memperkaya diri sendiri bukan untuk kebermanfaatan bersama / orang lain.

Dampak menjadi seorang entrepreneur :

A. Positif

• Jika seseorang berpikir berwirausaha tidak perlu mengambil untung sebanyak - banyaknya yang penting dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.
• Mampu menciptakan lapangan pekerjaan
• Mampu mensejahterakan WNI
• Mampu membangun relasi yg seluas-luasnya
• Mampu berdiri diatas kaki sendiri tanpa ditunjuk tangan orang lain
• Sekecil apapun usahanya entrepreneur adalah bosnyam

B. Negatif.

• Resiko Rugi ditanggung sendiri
• Dapat menyita waktu jika tidak mampu memanage waktu.

(Res)








Post a Comment for "Entrepreneur : Berdiri di Atas Kaki Sendiri"