Sejatinya Anak Muda Harus Lebih Cinta Budaya Asli

cinta budaya asli
Photo opening event spirit manca enterprise

spirit.my.id - Akibat kemajuan jaman, banyak kebudayaan asing masuk ke Indonesia. Singgahnya budaya asing tentu dicemaskan pasalnya jika dinilai banyak yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

Sebagai anak bangsa terutama anak muda, sejatinya harus lebih cinta dengan budaya asli jangan sampai luntur kudu dijaga dengan baik.

Agar anak muda tetap cinta budaya asli, banyak cara bisa dilakukan diantaranya orang tua atau masyarakat harus menanamkan rasa bangga pada budaya asli dan bersikap selektif.

Tak menampik budaya asing ada juga yang positip yang dianggap bisa memberikan inspirasi dan inovasi tapi tidak begitu saja diterima tetap harus disesuaikan dengan budaya sendiri.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2019/10/rachel-maryam-media-sosial-bagusnya.html

https://www.spirit.my.id/2019/09/gadis-keturunan-ini-mengajak.html

Karena itu, meminimalisir dampak negatip harus terus dilakukan agar ciri khas yang ada pada budaya lokal tak bercampur dengan budaya luar.

Calung budaya asli Sunda

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dampak negatif budaya luar diantaranya : tidak meninggalkan nilai luhur budaya bangsa, menyeleksi budaya asing yang masuk dan disesuaikan dengan adat ketimuran, tidak asal dalam memakai segala produk luar negeri khususnya jika beberapa produk tersebut sebenarnya bisa dihasilkan di dalam negeri, tetap mengikuti perkembangan informasi dan juga teknologi supaya bisa terus maju dan tidak tertinggal.

Terkait ini, seorang pelajar bernama Muhammad  Nadzar, memberikan komentar.

Ia mengatakan, agar budaya kita tetap terjaga, caranya dengan terus menggali keunikan dan kekuatan budaya sendiri sehingga timbul rasa cinta.

“Engga apas sih budaya luar masuk ke budaya kita asalkan kita lebih memperdalam budaya kita sendiri,  jangan sampai ditinggalkan  harus ada peningkatan dari diri sendiri,  misal dari lagu Sunda kan dah banyak  yang nge dj,” kata Nadzar panggilannya pada redaksi.

Karena itu, remaja yang kepengen jadi astronot ini, mengajak pada semuanya terutama generasi milineal, untuk melestarikan budaya sendiri jangan  sampai tergerus.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2018/11/hayu-urang-ngamumule-seni-sunda.html

https://www.spirit.my.id/2019/05/prilaku-kita-harus-pancasilais.html

Canggihnnya teknologi bisa dijadikan sarana untuk belajar menggali budaya dan meningkatkan daya kreatifitas.

“Semoga seni budaya kita bisa terus berlanjut jangan sampai  dihilangkan, karena budaya Indonesia  itu banyak sekali. Belajar terus, teknologi berpengaruh dan bisa  jadi reverensi, jangan disalahgunakan,”pungkasnya.

(Res)


Post a Comment for "Sejatinya Anak Muda Harus Lebih Cinta Budaya Asli"