Persaingan Hidup Tinggi, Ini 10 Tips Menumbuhkan Motivasi Agar Dapur Tetap Ngebul


Motivasi hidup
Menghadapi kehidupan yang serba sulit dibutuhkan motivasi agar dapur tetap ngebul

spirit.my.id - Di era digital seperti sekarang persaingan hidup makin panas, biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari makin tinggi. Beragam cara pun dilakukan agar keberlangsungan hidup terus berlanjut sesuai dengan harapan.

Bagi mereka yang bekerja, tak perlu repot memikirkan pendapatan karena mendapat gaji, tapi bagi yang membuka usaha atau wiraswasta jelas harus berpacu dengan waktu agar pendapatannya tidak berkurang alias dapur tetap ngebul. 

Demikian pula, buat pelajar atau mahasiswa sejatinya harus punya target, akan dibawa kemana masa depan setelah lulus, bekerja atau wiraswasta. Tentu itu semua membutuhkan yang namanya motivasi supaya tujuan dan cita - cita hidup kamu bisa tercapai.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2021/05/7-tips-biar-semangat-tak-kendor.html

Ya, motivasi, dalam kehidupan kita posisinya cukup sentral. Dengan motivasi ada energi terbarukan yang membawa aura positif. 

Motivasi sendiri adalah suatu bentuk sugesti atau sebuah dorongan atau pemicu yang muncul atau dimunculkan. Biasanya, motivasi diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau kepada diri sendiri. Dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat untuk lingkungannya.

Motivasi tak boleh kendor, karena itu butuh pengolahan hingga tetap bersemayan di dada. 

Bagaimana caranya menumbuhkan motivasi untuk diri sendiri ? Berikut tipsnya.

1. Fokus

Kamu harus memulai dengan membuat susunan target yang jelas baik untuk target sekolah maupun target dalam urusan pekerjaan. Susunlah target tersebut dengan baik dan susun sesuai tingkat mulai dari yang mudah hingga sulit untuk dicapai.

Jangan cepat menyerah apalagi cepat tergoda dengan hal-hal lainnya yang belum tentu bisa kamu kerjakan. Fokuslah pada apa yang sudah Anda rencanakan. Jangan biarkan diri merasa ragu dan takut ketika teringat masa-masa kamu gagal. Cobalah untuk menjadikan hal tersebut sebagai pemacu semangat untuk berjuang lebih baik dan lebih keras lagi.

2. Tetapkan dan tulis tujuan

Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam hidup secara spesifik, jelas, objektif, dan realistis. Kemudian, tulis tujuan tersebut dalam buku agendamu, atau pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar atau ruang kerja.

Jika perlu, tempelkan juga kertas berisi kalimat motivasi dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa menginspirasimu untuk terus melangkah meraih tujuan tersebut. Selain sebagai pengingat, cara ini akan membuatmu lebih semangat dan berkomitmen terhadap tujuan yang sudah kamu tetapkan.


3. Catat Perkembangan Anda

Setelah menulis target dan tujuan, lakukan hal-hal positif untuk mencapai apa yang kamu inginkan. Jika berhasil menyelesaikan satu tantangan dan mencapai target, cobalah untuk membuat catatan kecil di dekatnya.

Kamu bisa menuliskan hal apa saja yang sudah dilewati dan rasakan untuk mencapai target tersebut. Ketika melihat tulisan-tulisan tersebut saat down, tulisan tersebut akan menguatkan kamu kembali. Melalui catatan perkembangan, kamu tentu akan merasa malu jika akan menyerah begitu saja. “Dulu aku bisa melakukannya, kenapa sekarang tidak?”.

4. Atasi rasa takut terhadap kegagalan

Ketika kamu merasa telah gagal, ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran. Setiap kali kita gagal dalam suatu hal, ada pelajaran yang dapat kita petik, agar bisa melakukannya dengan lebih baik dan menghindari kesalahan yang sama.

Ceritakanlah tujuan dan impianmu hanya kepada orang-orang yang kamu percayai. Hal ini adalah untuk menghindari terlalu banyak kritikan dari orang lain, saat kamu mengalami kegagalan.

5. Bersikap positif

Isi hari-harimu dengan percakapan, kegiatan, atau situasi dan orang-orang yang bisa menginspirasimu untuk meraih tujuan. Misalnya, mengikuti seminar, membaca buku-buku pengembangan diri dan motivasi, atau menonton konten-konten yang positif di televisi dan internet.

Penuhi hati dengan rasa syukur, dan jangan selalu membandingkan dirimu dengan orang lain. Buang segala pikiran negatif serta yakinlah bahwa dirimu mampu mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan.

 6. Berikan hadiah pada diri sendiri

Saat berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai suatu target, hadiahi dirimu sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan, bermanfaat, dan layak kamu dapatkan. Misalnya, berlibur atau membeli barang yang sedang kamu inginkan. Ini adalah cara untuk menghargai pencapaianmu, sekaligus sebagai pemecut semangat untuk mencapai target selanjutnya.

Walaupun kadang tidak mudah, jangan pernah berhenti mencoba meningkatkan motivasi untuk diri sendiri. Seiring waktu, hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan, karena kamu akan makin mengenal hal-hal apa saja yang dapat memengaruhi motivasimu.

Selain dari dalam diri sendiri, motivasi yang datang dari luar juga dapat sangat membantu, misalnya dari keluarga atau sahabat. Bila berbagai upaya telah dilakukan, namun kamu tidak kunjung berhasil membangun motivasi untuk diri sendiri, bahkan suasana hatimu menjadi semakin buruk, cobalah untuk melakukan konseling dengan psikolog atau psikiater.

7. Mulailah dengan rasa senang

Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup kamu. Coba nikmati hidup dan jalan yang akan di tempuh. Jika sejak awal sudah merasa ‘tidak suka’ rasanya motivasi hidup tidak akan pernah kamu miliki.

8. Ucapkan “selamat datang” pada setiap masalah

Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat kamu akan menghadapi jalan terjal, menanjak dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika kamu memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya bila selalu siap menghadapi setiap masalah, kamu seakan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan.

9. Tinggalkan teman yang tidak perlu

Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong kamu mencapai tujuan. Sebab, siapapun teman kamu, seharusnya mampu membawa pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat kamu berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup ini terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2019/07/serius-belajar-jangan-ada-penyesalan.html

 10. Kembangkan terus tujuan anda

Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat anda tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu anda memerlukan tantangan yang lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan anda yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup anda.

jadi sangat jelas, motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai tujuan. Motivasi yang kuat di dalam diri, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai visi hidup kita.

Salam Sukses.

(Res)

Post a Comment for "Persaingan Hidup Tinggi, Ini 10 Tips Menumbuhkan Motivasi Agar Dapur Tetap Ngebul"