Ini Harapan Inovator Media Tanam Daun Bambu Pada OPAK






spirit.my.id - Supaya tanaman yang kita tanam berkualitas tentu saja diperlukan perawatan yang rutin dengan pupuk yang bagus pula.

Nah terkait ini, ada satu produk pupuk organik yang terbuat dari daun bambu yakni Media Tanam Daun Bambu yang cocok untuk semua jenis tanaman.

Untuk membuktikanya, redaksi berkunjung ke lokasi.

Benar saja, saat sambangi lokasi, nampak berbagai tanaman sayuran seperti strawberi, bawang daun, ubi jalar,  cabe, buah naga dan yang lainnya, tumbuh subur  hijau di lahan tanah seluas 10 tumbak yang sekaligus sebagai laboratorium media tanam tersebut.

Demikian pula dengan aneka bunga - bunga seperti melati, kuping gajah, lidah buaya dan yang lainnya terlihat segar.


Bahkan salah satu inovasi yang menarik adalah menggunakan karung yang  dilubangi lalu diisi media tanam daun bambu yang ditanami berbagai jenis tanaman.

"Keunggulannya mengandung pestisida, merangsang pertumbuhan, memperkuat akar dan menyuburkan tanah," katanya.

Baca juga :

https://www.spirit.my.id/2021/07/surat-cinta--lewat-pak-pos-terlalu-indah-untuk-dilupakan.html?m=1

Inovasinya ini, kini telah dipasarkan ke berbagai tempat dengan respon yang baik karena terbukti media tanam tersebut bisa menghasilkan produk tanaman yang memuaskan.


Media tanam daun bambu ini ada di bawah Yayasan Awi Gombong dengan Ketua Agus Tabacan sendiri.

"Sebetulnya produk yang saya produksi tidak hanya media tanam daun bambu saja, ada juga papan laminasi," ucapnya.

"Papan laminasi itu adalah papan yang terbuat dari bahan daun bambu yang kemudian daun bambu dirajang menjadi halus seterusnya dicampur dengan lem kemudian dimasukan kedalam cetakan dan di press sehingga membentuk seperti papan,  adapun kegunaannya adalah sebagai lantai,  dinding sesuai pesanan," sambung Agus menjelaskan.


Untuk Papan Laminasi, pria yang juga guru olahraga di salah satu SMA swasta ini mengeluh, karena produknya itu belum bisa di produksi  karena terkendala biaya.


Dengan telah menjadi anggota Forum Obrolan Pakidulan alias OPAK, ia berharap inovasinya dapat semakin berkembang terutama dalam hal pemasaran juga bimbingan dan pelatihan.

"Ingin menjalin komunikasi dan silaturahmi serta menambah wawasan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Harga produk media tanam daun bambu dibandrol dengan harga perkarung 45 ribu dan perbungkus 7 ribu rupiah.

Bagi yang ingin pesan bisa langsung ke lokasi.

(Res)















Post a Comment for "Ini Harapan Inovator Media Tanam Daun Bambu Pada OPAK"