Kemajuan Ilmu dan Teknologi Harus Diimbangi Dengan Kearifan

iptek kearifan
Dampak kemajuan IPTEK mesti bermanfaat


spirit.my.id - Kemajuan ilmu dan teknologi saat ini telah memudahkan umat manusia  mewujudkan apa yang diinginkan.

Namun begitu, kemajuan peradaban ini harus diimbangi dengan kearifan, jika tidak dikhawatirkan dampak negative akan lebih besar muncul dari pada positive.

Hal ini disampaikan oleh Beni Kadarusman, seorang pengamat sosial.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2021/01/cara-jitu-menangkal-globalisasi-adalah.html?m=1

"Itu keduanya relativ tergantung manusia yang menzamaninya.Kemajuan scientific dan tecnology adalah peradaban msnusia yg sudah serba aduhai. Sebenarnya jika manusis mampu memenej dan menggunakannya secara arif sudah barang tentu semua fasilitas itu akan menghatarkan kepada kehidupan manusia yang serba mudah yang pada gilirannya kesejahteraanpun mudah didapat," katanya.

Beni melanjutkan, kearipan kehidupan di era globalisasi seperti sekarang dinilai sulit, ia mencontohkan kerusakan alam sekitar yang sejatinya harus dijaga.

"Salah satu contoh manusia dulu sangat arif dengan alam sekeliling salah satunya pengelolaan hutan. Sehingga jaman dulu jarang sekali ada musibah yang membinasakan manusia baik yang diakibatkan banjir, tanah longsor dan lain - lain," lanjutnya.

Sebab itu, dalam menggunakan alat teknologi, menurutnya  mesti bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Beni menegaskan, banyak pengguna teknologi canggih yang memanfaatkan hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok sehingga timbulkan dampak yang kurang baik.

"Yah sebagai mana saya katakan sebelum nya apabila menggunakan scentific dan tecnology secara arif mungkin bisa lebih safety lagi bahkan bisa lebih dari itu," ucapnya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/06/rejeki-bisa-di-cari-kalau-kesetiaan.html?m=1

Dia yakin, pemanfaatan teknologi yang bijak akan berdampak baik pula bagi kehidupan manusia termasuk ekonomi, sosial dan budaya.

"Hari esok akan lebih baik dari hari ini termasuk di dlmnya Ekososbud," tuntasnya.

(Res)

Post a Comment for "Kemajuan Ilmu dan Teknologi Harus Diimbangi Dengan Kearifan"