Delapan Momen Lebaran yang Ngangenin


Delapan Momen Lebaran yang Ngangenin
Tradisi Lebaran kembali menggeliat seiring Virus Corona melandai.


spirit.my.id - Tak terasa hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah tinggal menghitung hari, umat Muslim sedunia sambut penuh suka cita dan rasa syukur tak terhingga.

Menyambut hari kemenangan tersebut, banyak tradisi unik, menarik sekaligus dinanti membuat suasana Lebaran syarat makna.

Sangat manusiawi sebab, selama satu bulan, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa menahan lapar, dahaga dan hawa napsu.

Virus Corona yang melanda tanah air beberapa waktu lalu, membuat tradisi Lebaran harus di kubur dalam-dalam karena tak dibolehkan. Kini, ciri khas lebaran bakal kembali menggeliat.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2021/05/booom-kajian-islami-remaja-edisi-kedua-siap-di-gelar-ini-link-pendaftarannya.html

Apa saja tradisi unik Lebaran yang ngangenin di negara + 62, berikut ulasannya.

1. Mudik. Ya, mudik adalah tradisi yang sampai kapanpun tak akan hilang. Mudik auranya begitu dahsyat, ketika Lebaran menyapa, orang diperantauan keinginannya hanya satu mudik. 

Ragam cara dilakukan agar bisa mudik, mereka rela mengantri, berdesak - desakan, macet - macetan. Tak peduli dengan duit yang bakal dikeluarkan. Oleh - oleh pun disiapkan demi membahagiakan sanak saudara, teman dan kerabat di Kampung halaman.

2. Baju Baru. Banyak yang bilang tradisi ini pasnya buat anak - anak, ah tidak juga, buktinya banyak juga orang dewasa yang merengek kepengen baju baru atau sejenisnya.


Coba deh tengok, di mal atau di pasar, banyak tuh bapak - bapak dan ibu - ibu berdesakan memilih baju, celana, sepatu dan bla - bla..

Memang tradisi ini tepatnya buat anak - anak sih...

3. THR. Nah, bagi yang bekerja, momen ini yang ngangenin, pasalnya bakal dapat duit tambahan buat berlebaran.

Namun yang unik dari THR berlaku tidak hanya untuk yang sudah bekerja saja, tapi anak - anak atau usia sekolah pada menanti THR yang bakal diberikan oleh saudara atau kerabat yang sudah bekerja.

Bahkan,  sebagian dari kita sudah mempersiapkan uang recehan dengan jumlah tertentu untuk dibagikan, istilahnya bagi THR he..he...


4. Saling Memaafkan. Habis sholat Ied, biasanya langsung berpelukan saling memaafkan. yang utama adalah kepada orang tua (yang masih ada) dan keluarga terdekat. Setelah dengan keluarga, kita mendatangi atau didatangi oleh tetangga.

5. Ketupat. Nah, kuliner ini khasnya Lebaran, bila tak ada ketupat hambar rasanya. Maka tak heran, jelang detik - detik Idul Fitri, yang berjualan ketupat bersilewaran

Meski ketupat ada selain Lebaran, tapi beda rasanya, sangat ternikmati di hari raya. adanya ketupat terkadang nasi jadi terlupakan.

6. Ziarah. Tradisi ini dilakukan setelah bersilaturahmi dengan mengunjungi makam, orang tua, sanak keluarga atau kerabat yang telah meninggal untuk mendoakan. Tak heran, di hari Lebaran, hampir seluruh pemakaman berjubel dengan orang - orang yang berziarah.

7. Takbiran. Di Masjid, Mushola, Hanggar, takbiran ini dilakukan dengan mengumandangkan asma Allah dengan penuh semangat dan khusyu.

Malahan kemeriahan takbiran terlihat di jalanan, ada yang konvoi dengan mobil bak terbuka sambil membawa bedug dibarengi ragam aksi yang bikin suasana malam lebaran begitu mengasyikan.

8. Hala Bihalal. Selain momen keluarga, cakupan halal bihalal lebih luas, bisa dilakukan dengan cara tersendiri bisa di tempat strategis dengan mengundang artis.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2018/05/begini-bulan-puasa-di-jalur-gaza.html

Halal bihalal, bisa mempertemukan teman atau kerabat yang telah lama tak jumpa, selain itu, menghidupkan ikatan tali silaturahmi.

Itulah, delapan momen tradisi lebaran di negara kita.

SELURUH PIMPINAN, STAF DAN REDAKSI SPIRIT MEDIA INSPIRATIF DAN MANCA SPIRIT MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1443 HIJRIYAH . MOHON MAAF LAHIR BATHIN

Kunjungi channel You Tube kami.

(Redaksi)





Post a Comment for "Delapan Momen Lebaran yang Ngangenin"