Posisi Bergengsi di Voli Adalah Opposite Tapi Jika Kalah Tutup Telinga

Rivan Nurmulki seorang opposite yang garang, spikenya sukar di blok.

spirit.my.id - Opposite adalah posisi yang bergengsi di tim bola voli. Seorang opposite punya tugas dan tanggung jawab besar yakni menghasilkan poin sebanyak-banyaknya bagi tim yang dibelanya.

Pemain yang berposisi opposite, idealnya harus memiliki tinggi badan diatas rata-rata, loncatan tinggi baik saat spike ataupun blok, dan punya pukulan keras dan terarah serta kecepatan dalam mengambil tindakan kala melakukan spike apakah tajam menukik, disentuhkan ke lawan atau placing.

Opposite, posisinyadi belakang setter (posisi 2). Seorang opposite ketika set up serangan harus dilindungi, tidak boleh menerima bola pertama agar konsentrasinya tidak terbagi, fokus melancarkan spike.

Selain itu, seorang opposite, harus punya timing yang akurat agar spikenya sukses sebab opposite kerap menjadi incaran blok lawan dan biasanya head to head dengan posisi outside hitter musuh.

Tugas opposite selain menjadi pembunuh adalah digging atau biasa disebut dig. Dig opposite sejatinya harus bisa selamatkan area permainan sendiri karena spike lawan, pantulan dari blok, placing atau cover.

Opposite juga harus menjadi bloking kuat membantu posisi middel blocker, biasanya blok lawan di posisi outside hitter.

Opposite juga harus bisa mengcover teman saat melakukan spike agar pantulan bola dari blok lawan bisa diselamatkan.

Tugas dan fungsi opposite masih banyak lagi yang jelas tugas utamanya adalah killing the game.

Dan bila tugas dan tanggung jawab opposite sudah dilaksanakan, pada umumnya opposite selalu menjadi top skor selain outside hitter tentunya.

Penyerang ini bila di posisi 3 dan 4, jika akan melakukan serangan pindah ke posisi 2. Spike 3 meter juga menjadi serangan andalannya.

Untuk menjadi seorang opposite perlu latihan ekstra keras diantaranya : menempa fisik yang rutin seperti lari bagusnya di jalan menanjak, sprint 50 dan 100 meter, latihan ini untuk melatih otot kaki dan timing loncatan, latihan memakai beban (bending atau sejenisnya), gim, latihan memukul bola, dan banyak lagi. 

Rivan Nurmulki dan Megawati Pertiwi contohnya yang merupakan opposite handal Tanah Air.

Rivan dengan tinggi badan 196 cm, lompatan spike 360 cm dan blok 335 cm, spike-spikenya sangat menakutkan lawan.

Di Proliga 2024, Rivan Nurmulki yang memperkuat STIN BIN Jakarta,  masuk jajaran top skor di peringkat ke 7 dengan torehan 154 poin.

Selain sebagai pencetak poin terbanyak di timnya, pemain kelahiran Jambi ini membawa timnya melenggang ke babak final four Proliga 2024.

Rivan Nurmulki, masih berpeluang menambah pundi-pundi poinnya di babak 4 besar nanti.

Demikian pula dengan Megawati alias Megatron. Punya tinggi badan 185 cm, lompatan spike 278 cm dan blok 270 cm, pukulannya ful power dan terarah.

Di Proliga 2024, sampai akhir babak reguler, pemain yang membela BIN Jakarta ini berada diposisi 10 top skor dengan 165 poin. Pundi-pundi poinnya masih bisa bertambah di babak final four nanti.

Jadi untuk menjadi seorang opposite, harus punya mental kuat karena biasanya timnya kalah opposite yang kena dampak dominan.

 (*)

Post a Comment for "Posisi Bergengsi di Voli Adalah Opposite Tapi Jika Kalah Tutup Telinga "