Dalam Sumpah Pemuda Terdapat Patriotisme Tinggi.

patriotrisme tinggi di hari sumpah pemuda
Sumpah Pemuda untuk patriotisme bangsa



spirit.my.id -  92 tahun lalu, tepatnya tanggal 27 – 28 Oktober 1928, bertempat di Batavia (Jakarta), pergerakan pemuda Indonesia mengadakan kongres gerakan pemuda II yang melahirkan ikrar pemersatu bangsa yang sekarang kita kenal dengan Hari Sumpah Pemuda.

Banyak makna yang tersirat dalam gerakan tersebut yang sejatinya oleh kaum muda milineal saat ini dijadikan pondasi untuk mewujudkan cita – cita perjuangan bangsa.

Nah terkait ini, seorang remaja bernama Virgy Shakira, memberikan komentarnya. 

Menurut Virgy, begitu dipanggil, Sumpah Pemuda sangat berarti untuk mengenang jasa – jasa para pahlawan.

“Karena Sumpah Pemuda terdapat kesadaran yang tinggi. Seperti waktu pemuda berjuang mati – matian membela bangsa ini dari penjajah,” katanya pada redaksi.

Bagi pemuda kelahiran 2001 ini, upacara bendera setiap hari Senin yang dilakukan disekolah dan memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus adalah bentuk dari memaknai Sumpah Pemuda.

Meski begitu, Virgy tak menampik banyak juga yang sudah melupakan hari pemuda tersebut, bahkan pemuda ini menyebut korupsi adalah cirinya “Ada lah satu atau dua orang yang tidak memperdulikannya,” lanjut Virgy.

Karena itu, remaja abg yang bercita – cita menjadi abdi negara ini, kepentingan pemuda harus diperhatikan lebih baik lagi seperti memfasilitsi berbagai kegiatan kepemudaan.

“Kegiatan pemuda harus diakomodasi agar pemuda Indonesia tidak jadi buruk. Bisa menunjukan bangsa Indonesia bisa maju dengan pemuda sekarang ini,” tandasnya.

Virgy menegaskan apabila hal ini diperhatikan akan banyak prestasi yang dicetak oleh kaum muda seperti di ajang olahraga dunia.

“Misalnya di Asian Games kemarin. Kita banyak berprestasi itu dari pemuda kita,” imbuh pemuda tersebut.

Karena itu, ia mengajak kepada semua pemuda diseluruh tanah air untuk tidak melupakan sejarah apalagi hari Sumpah Pemuda.

“Teruslah berkarya dan berprestasi cintai  negeri kita bahwa kita bisa menunjukan ke dunia kalau pemuda Indonesia berprestasi,” pungkasnya dengan semangat.


(Res)




Post a Comment for "Dalam Sumpah Pemuda Terdapat Patriotisme Tinggi."