Penyanyi Sunda Haji Yayan Jatnika Terjun Ke Dunia Politik Menjadi Caleg DPR RI, Begini Kata Timses dan Ketua Advokatnya

Supriadi dan Om Kus dibalik layar pencalonan Haji Yayan Jatnika.

spirit.my.id - Penyanyi Sunda Haji Yayan Jatnika, terjun ke dunia politik dengan menjadi calon legislatif (Caleg) DPR RI Dapil II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat di Pemilu 2024 nanti.

Banyak harapan muncul ke pemukaan atas pencalonan penyanyi Sunda ini terutama dari pelaku seni Sunda tradisi seperti yang disampaikan oleh Kusnadi, Wakil Ketua tim sukses.

Dikatakannya, majunya Yayan Jatnika menjadi caleg DPR RI dari PAN, bisa menjadi jembatan para seniman Sunda dalam menyalurkan aspirasinya.

"Ingin ada keterkaitan apapun genre apalagi seni tradisi mau dari angklung bucis, dogdog, calung, warna-warna musiklah. maksudnya supaya ada jembatan buat para pemusik yang ada di Bandung Barat dan Bandung induk," katanya, Senin, 4 November 2023, di Saung Abah Ono, Cihampelas KBB.

Pria yang biasa disapa Om Kus ini menegaskan, para seniman Sunda perlu wakil di DPR RI untuk membuka sekat yang selama ini menyumbat.

Dengan pencalonan Yayan Jatnika menjadi Caleg DPR RI, sekat itu bisa dibuka serta ada harapan baru yang lebih menjanjikan khususnya bagi seni tradisi Sunda.

"Ingin ada wakil khususnya dari saya. Kalau ingin mendirikan Padepokan atau lainnya khususnya di musik ada jembatan tidak seperti sekarang kalau ke pusat bingung ke siapa suara disalurkan," tandasnya setengah bertanya.

Di sisi lain, Om Kus mengakui meski Yayan Jatnika cukup populer di masyarakat bukan berarti perjalanan pencalonannya akan mulus. 

Om Kus menilai, tantangan yang ada adalah bagaimana mengolah popularitas nomor urut tujuh ini bisa dimaksimalkan oleh seluruh elemen pendukung.

"Karena seorang Yayan Jatnika powernya begitu mantap. Siapa yang tidak tahu Yayan Jatnika. Yang masih ada kendala yaitu untuk menyampaikan ke pelosok- pelosok dari para relawan diakui masih rendahlah," jelasnya.

Meski begitu, dirinya optimistis kendala yang ada bakal bisa dihadapi apalagi jika dihubungkan dengan sosok Yayan Jatnika yang sederhana dan ramah pada siapapun juga.

"Yang terasa oleh saya contohnya untuk makanan ada ya makan tidak ada wayahna," imbuhnya tersenyum.

Demikian pula yang disampaikan oleh Supriadi, Ketua advokat Yayan Jatnika.

Supriadi menerangkan, kliennya bukan kader politik, betul-betul seniman murni yang dilamar berkali-kali oleh partai.

Berdasar fakta itu, ia dan tim dari LBH Merah Putih, siap mendampingi selama proses pencalonan Haji Yayan Jatnika.

"Makanya saya ketika melihat seorang seniman yang mengembangkan seni Sunda pencipta lagunya, nyanyinya, menurut saya siapa lagi kalau bukan kita yang mendorong atau mengangkat dia sehingga hati saya tergerak. di LBH Merah Putih saya ngobrol-ngobrok saya menjadi Ketua advokat pencalonan Yayan Jatnika,"ucapnya menjelaskan.

Pertimbangan lainnya adalah kekhawatiran terjadi kecurangan pada penghitungan suara.

kekhawatiran yang dirasakan oleh sang advokat cukup beralasan tapi hal tersebut bisa dihindari jika penyelenggara Pemilu bertekad memberangus praktek-praktek tak patut ini.

Supriadi berjanji akan kawal ketat suara Haji Yayan Jatnika agar tidak terjadi hal-hal yang diluar prediksi.

"Dikhawatirkan dimana maaf UU sekarang itu kadang-kadang dipakai kadang tidak. Contoh KPU itu kurang merealisasikan, di arus bawah calon itu merasa dirugikan dilapangan menang tapi dia atas engga. Nah ini yang akan saya bawa saya jaga kawal dari KPPS, PPK sampai KPU," tegasnya mengakhiri.

(Res)

Post a Comment for "Penyanyi Sunda Haji Yayan Jatnika Terjun Ke Dunia Politik Menjadi Caleg DPR RI, Begini Kata Timses dan Ketua Advokatnya"