Begini Papajar Ala Guru Olahraga KKGO Cihampelas KBB

Papajar kkgo
Begini gaya Papajar KKGO, Cihampelas KBB dengan hiburan organ tunggal.

spirit.my.id - Setiap datangnya bulan suci Ramadhan pasti disambut dengan senyuman kegembiraan.

Karena itu tak heran, datangnya detik-detik bulan Ramadhan kerap dilaksanakan dengan berbagai penyambutan salah satunya tradisi Papajar.

Papajar yang berasal dari tanah Sunda tepatnya Cianjur dan Sukabumi, dilakukan seminggu sebelum puasa dengan makan bersama di siang hari baik dengan keluarga, teman, kerabat atau handai taulan.

Konon, tradisi Papajar ini sudah ada sejak abad ke 17 masehi dimana saat itu Wiratanu Datar 3 menjabat sebagai Bupati Cianjur sekitar tahun 1720.

Papajar dilakukan oleh semua usia. Anak muda biasanya dengan rekreasi sambil ngaliwet.

Umumnya Papajar dilaksanakan ditempat-tempat yang membuat suasana mengasyikan misal di kebun, ladang, sawah, rumah makan atau tempat yang mendukung keasikan Papajar, Seperti yang dilakukan oleh guru-guru olahraga yang tergabung dalam KKGO, Kecamatan Cihampelas, KBB.

Meski usia mayoritas mendekati pensiun, para guru olahraga ini tetap punya semangat tinggi dalam berkegiatan apalagi dalam sambut bulan Puasa.

Papajar yang dilaksanakan di rumah Asep Supriatna alias Asep Cuplis, di Kampung Sadang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas ini, makin seru dan meriah lantaran dihadirkan hiburan organ tunggal.

Hiburan organ tunggal ini dilakukan sebelum makan dengan sajian berupa ayam bakar.

Ternyata sebagian guru ini jago nyanyi seperti Dedi Kosipa, Rusmana, Diyah dengan tembang dangdut dan Sunda yang menghibur.

Setelah mantan Ketua KKGO KBB dan guru lainnya berdendang ria, makan pun disajikan.

Rasa kebersamaan dan kekeluargaan terpancar membuat semuanya hepi.

Menurut Purkon Sidiq, Ketua KKGO, Papajar ini maknanya tidak sekedar makan saja tapi hakekatnya menyambut bulan suci Ramadhan penuh kehidmatan dan keiklasan.

Bahkan lebih dalam lagi, setelah Puasa 1445 Hijriyah 2024 nanti, jalinan silaturahmi tetap lancar dan mulus.

"Sehat, silaturahmi. Intinya pas nanti syawal bisa ketemu lagi ngumpul lagi, semudah seperti sekarang Papajar," kata pak Ustadz itu.

Ia juga berharap, bulan puasa sekarang, lebih indah dari bulan Ramadhan sebelumnya.

"Ya pasti bulan Puasa sekarang harus lebih bagus, iman dan takwa bertambah baik dari tahun kemarin," pungkasnya.

Segenap Pimpinan, Redaksi dan staf, Spirit Media Inspiratif mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan 1445 H. Mohon maaf lahir bathin.

Berita olahraga seputar Persib dan olahraga nasional kunjungi :

https://sportsjabar.com/

(*)


Post a Comment for "Begini Papajar Ala Guru Olahraga KKGO Cihampelas KBB"