Ramadhan Di Tengah Pandemi Covid-19




spirit.my.id - Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti kedatangannya oleh umat Islam di seluruh dunia, karena didalamnya terdapat banyak sekali keberkahan, fadhilah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT. Serta dilipatgandakannya pahala amal ibadah kita. Sehingga semua itu memberikan rasa gembira yang luar biasa, ditambah lagi dalam hadits dikatakan, "Barang siapa yang gembira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah SWT. Mengharamkan jasadnya masuk neraka.

Namun kegembiraan umat Islam dalam menyambut dan menjalani ibadah di bulan Ramadhan tahun ini sedikit ternodai dengan adanya PANDEMI Covid-19, yang mewabah ke seluruh dunia tidak terkecuali ke negara yang mayoritas penduduknya muslim. Oleh sebab itu, hampir di seluruh dunia, aktifitas warganya dibatasi bahkan dihentikan, termasuk di Indonesia.


Pemerintah membatasi dan meliburkan hampir di semua aspek kehidupan, mulai dari perekonomian, pendidikan, politik, sosial, budaya, termasuk kegiatan keagamaan, seperti shalat Jumat, shalat berjamaah di Masjid, pengajian, tabligh akbar, termasuk shalat taraweh dan shalat idul Fitri pun dianjurkan di laksakan di rumah masing-masing.

Namun untuk daerah yang zona kuning dan zona hijau itu, masih bisa melaksanakan di Masjid dengan menerapkan standar kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Disamping itu, pemerintah bersama dengan MUI mengeluarkan fatwa melarang kegiatan mudik lebaran pada tahun ini, ditambah pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, dibeberapa Kota besar yang sudah masuk kategori zona merah,  yang mana ini semua dilakukan demi mencegah penyebaran Virus Corona Covid-19 semakin meluas.


Walaupun keadaan serba sulit, namun sebagai umat Islam, kita harus tetap bersyukur karena masih diberi umur panjang, diberi kesehatan, rezeki, dan kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadhan ini, ditengah keterbatasan dan kesulitan yang sedang dihadapi.
Marilah semua kejadian ini kita jadikan momentum untuk perbaikan diri, muhasabah dan bertobat dari semua kesalahan, dosa dan maksiat yang selama ini kita lakukan. Mungkin selama ini kita sering lalai dan lupa kepada Allah SWT, kita lebih asyik main gadget, baca WA sibuk di media sosial, daripada asyik mengkaji dan membaca Alquran. Mungkin ini teguran bagi kita agar kembali ka jalan Nya.

<br /> <h4 style=" left="" text-align:=""> Sebagai umat Islam yang sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ditengah PANDEMI Covid-19. Kita harus tetap bersyukur dan bersabar, karena orang beriman tidak terlepas dari dua sikap ini. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits, Dari shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999).

Semoga dengan kita beribadah di bulan Ramadhan ini, wabah virus Corona ini segera berakhir, dan semoga kita bisa mengambil hikmah yang besar dan sangat berharga atas ujian yang menimpa.

Semoga Allah SWT memberikan pertolonganNya kepada kita semua, sehingga kita semua terhindar dari virus Corona ini. Dan kita semakin bertambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Aamiin ya rabbal'alamiin. Wallahu'alam.

<br /> <h4 style=" left="" text-align:="">
https://www.reviewnews.id/2019/05/cewek-kece-ini-beri-tips-agar-puasa.html

Penulis :

Budiman Santosa, Pengelola KOLECER KBB. FB : Kolecer Lumpat, ig : Kolecer_Bandung_Barat
(Res)


Post a Comment for "Ramadhan Di Tengah Pandemi Covid-19"