Ini bedanya Penyakit Flu dengan Pilek

spirit.my.id - Membedakan penyakit influenza atau flu dengan pilek, memang rada susah, beda - beda tipis. Agar bisa dibedakan, kita harus kenali dulu keduanya.

Flu sering kali digunakan untuk merujuk pada sejumlah penyakit dan kadang bisa disalahartikan dengan pilek umum.

Influensa, atau singkatnya ‘flu’, sebenarnya adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan demam, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan dan sakit otot. Ada berbeda jenis virus yang dapat menyebabkan flu. Sebagian besar flu menyerang sistem pernapasan tubuh –paru-paru dan jalan napas, termasuk tenggorokan dan hidung – yang menyebabkan gejala-gejala flu klasik seperti:

  Batuk kering Sakit tenggorokan Demam tinggi, kedinginan dan berkeringat Sakit kepala Sakit otot atau sakit badan Kelelahan dan kelemahan. Untuk gejala flu biasasnya berlangsung lebih lama yang bisa menyebabkan demam, menggigil dan nyeri otot. Sedangkan gejala pilek cenderung lebih singkat yang bisa menimbulkan hidung berair disertai demam ringan.

  Apa saja tips agar bisa mencegah kedua penyakit tersebut : Sering cuci tangan. Menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit Beristiahat yang cukup. Minum banyak cairan dan obat. Dan segera pergi ke dokter jika terserang penyakit. (Res)

Post a Comment for "Ini bedanya Penyakit Flu dengan Pilek"