Stres Salah Satu Penyebab Sistem Imun Tubuh Lemah

Rock
Stres dapat melemahkan sistem imun tubuh.


spirit.my.id - Agar tubuh kita kuat dari serangan berbagai penyakit tentu saja imun tubuh harus terjaga kekuatannya. Apalagi di musim Pendemi Virus Corona seperti sekarang, imun yang ada dalam tubuh mesti sehat supaya dapat menangkal virus tesebut.

Banyak cara dimana imun yang bersemayam di tubuh dapat kuat diantaranya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman bervitamin seperti buah - buahan dan sayuran, serta rajin olahraga.

Selain itu, menjaga pola hola hidup sehat menjadi kunci imun tubuh akan terjaga kekuatannya hingga serangan penyakit apapun termasuk virus Corona dapat dihindari.

Sebaliknya jika imun tubuh kita lemah, dengan mudah sang penyakit akan menyerang. Tentu tak ingin kan kita punya sistem imun yang lemah ?

Untuk itu, berikut beberapa  tips agar sistem imun tubuh kita kuat.

1. Mengonsumsi Makanan bergizi seimbang

Untuk memperkuat sistem imun, kita perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dalam jumlah yang cukup. Misalnya daging tanpa lemak, kacang - kacangan, serta biji - bijian. Jangan lupa untuk memperbanyak asupan makanan tinggi antiosidan seperti buah - buahan dan ssayur setiap harinya.

2. Rutin Berolahraga

Olahraga terbukti mampu meningkatkan sistem imun dan meredakan peradangan dalam tubuh. Jadi sempatkanlah berlohraga setidaknya 30 menit setiap harinya.

3. kelola Stres dengan Baik

Stres yang panjang dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Akibantya, kerja sistem imun dalam melawan infeksi pun akan terganggu. Karena itu ayo kelola stres dengan baik caranya dengan meluangkan waktu beraktifitas yang berhubungan dengan hobi kita dan kegiatan lainnya yang menyenangkan.

4. Tidur cukup

Tidur yang cukup terbukti dapat meningkatkan sistem inum tubuh kita menjadi kuat. Orang dewasa memerlukan waktu 7 - 8 jam sedangkan anak - anak 10 jam lebih. Kurang tidur dapat menyebabkan sistem imun melemah.

5. Mengkonsumsi Suplemen Antioksidan

Salah satu jenis suplemen yang direkomendasikan untuk meningkatkan sistem imun tibuh kuat  adalah suplemen antioksidan. Alasannya asupan antioksidan dapat melawan radikal bebas yang masuk dan melemahkan sistem imun tubuh.

(Res / halodoc)

Post a Comment for "Stres Salah Satu Penyebab Sistem Imun Tubuh Lemah"