Berikut Tips Mengatasi Kecanduan Alkohol

Kecanduan alkohol membahayakan kesehatan tubuh


spirit.my.id - Seperti diketahui alkohol adalah sejenis minuman bila kita meminumnya secara berlebihan bisa menyebabkan kehilangan koordinasi dan kendali bahkan bagi si peminumnya akan merasa bodoh. Orang yang kecanduan alkohol kesehatannya akan menurun, bahkan bisa mengakibatkan sampai meninggal dunia.

Namun begitu, bagi yang sudah kecanduan minuman yang mengandung zat etanol ini, tak memperdulikan dampak bagi kesehatannya. Kondisi kecanduan alkohol yang bisa merusak aktifitas otak dan jaringan saraf itu, adalah keadaan yang membahayakan.

Untuk mengatasi kecanduan alkohol harus dimulai dari diri sendiri, intinya ada niat dan tekad kuat untuk sembuh, salah satunya dengan merubah gaya hidup.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2021/01/tips-tetap-sehat-dan-bugar-di-usia-40.html

https://www.spirit.my.id/2020/09/reproduksi-pria-mantap-ini-tipsnya.html

Berikut tips mengatasi kecanduan alkohol.

1. Mulailah dengan Kesadaran dan Membuat Rencana

Rencanakan untuk menghindari situasi yang mendorong kamu untuk minum, dan ketahui beberapa cara efektif untuk mengalihkan perhatian saat alkohol muncul.Semakin baik kamu memahami diri sendiri, maka semakin baik pula persiapanmu.

2. Bentuk Support System

Orang yang mengalami kecanduan alkohol membutuhkan dukungan yang kuat. Bergabunglah dengan komunitas yang menguatkan dan mampu memberikan dukungan untuk berhenti minum dan menjadi diri lebih baik. Memberi tahu teman dan kerabat apa yang akan kamu lakukan dan meminta dukungan dapat membuat perbedaan besar. Jika orang terdekat tahu dan siap membantu, kamu akan menghadapi lebih sedikit pemicu minum. Kamu juga akan memiliki orang untuk diajak bicara ketika keadaan menjadi sulit.

Agar tak kecanduan alkohol dimulai dari diri sendiri

3. Pertimbangkan Pengobatan

Tiga obat disetujui oleh Food and Drug Administration untuk mengobati alkoholisme adalah naltrexone, acamprosate, dan disulfiram. Ada juga beberapa obat yang diresepkan di luar label, termasuk gabapentin, baclofen, dan topiramate. Masing-masing bekerja secara berbeda, tetapi semuanya dapat membantu kamu mengatasi kecanduan fisik terhadap alkohol.

4. Berolahraga

Proses detoksifikasi bisa memicu depresi pada pecandu alkohol. Depresi yang timbul akibat proses detoksifikasi bisa menyebabkan pecandu merasa gelisah dan mudah marah. Ini bisa diredakan dengan melakukan yoga atau olahraga lainnya secara teratur.  Karena saat berolahraga, kamu juga bisa kehilangan banyak potasium yang keluar bersama keringat, maka kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Potasium banyak ditemukan di pisang, melon, tomat, jeruk sitrus, dan sayuran hijau.

Namun, bila detoksifikasi memicu tremor (gemetar), halusinasi dan kejang, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan. Biasanya kondisi tersebut membutuhkan obat penenang yang harus dibeli dengan resep dokter. Detoksifikasi bisa dilakukan di pusat terapi maupun rumah sakit. Butuh waktu setidaknya satu minggu untuk melakukan prosedur detoksifikasi ini.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/09/kesehatan-terjaga-karena-imun-tubuh-kuat.html

https://www.spirit.my.id/2020/12/dokter-relawan-covid-19-ini-sempat-tak.html

5.Temukan Aktivitas Baru sebagai Pengganti Kegiatan Minum-minum

Pertimbangkan untuk pergi ke gym setelah bekerja untuk menggantikan minum bir. Carilah kelompok sosial yang berfokus pada hobi bersama seperti musik, olahraga, seni dan kerajinan, atau lintas alam. Isi jadwalmu dengan hal-hal yang harus dilakukan alih-alih minum, dan perhatikan karena hal itu akhirnya menggantikan alkohol dalam hidup sehari-hari. Kamu mungkin terkejut dengan peluang sosial baru yang muncul tanpa alkohol. Aktivitas baru tanpa melibatkan minuman beralkohol akan membantu mengalihkan perhatian kamu dan membawa pada rutinitas baru.

 6.Jangan Menyerah

Berhenti minum alkohol adalah proses yang panjang bagi banyak orang, dan kemunduran sering terjadi. Banyak orang lain yang telah berhasil sebelum kamu dan menghadapi rintangan yang berat di sepanjang proses. Pastinya kamu membutuhkan upaya yang sama dan yang terpenting adalah terus maju. Jika satu cara tidak berhasil, coba cara lain. Ada banyak program, sistem, dan metode untuk terbebas dari kecanduan alkohol.Tetap semangat ya!

Sumber : halodoc

(Res)

 

Post a Comment for "Berikut Tips Mengatasi Kecanduan Alkohol "