Disiplin Remaja Sekarang Kadang Suka Mendebat Orangtua


Photo opening event spirit manca enterprise oleh Drumband

spirit.my.id - Seperti diketahui disiplin merupakan salah satu elemen syarat menuju kesuksesan. Orang yang memiliki disiplin tinggi setidaknya hidupnya akan terencana dengan baik. Tapi, untuk membiasakan hidup berdisiplin perlu tekad dan kemauan kuat terlebih dari diri sendiri.

Nah, bagaimana dengan disiplin remaja jaman now ?

Menerapkan disiplin pada anak remaja, tentu tidak bisa dilepaskan dari pola asuh orang tua yang sejatinya lebih menitik beratkan pada aturan dan konsekwensi dengan tujuan kedisiplinan remaja meningkat imbasnya bertanggung jawab pada diri sendiri.

Dan yang perlu menjadi perhatian sekaligus tantangan orangtua adalah, remaja jaman now suka menguji batas-batas kemandirian mereka.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2019/11/remaja-masa-kini-tak-hangat-seperti.html

https://www.spirit.my.id/2019/02/remaja-pecandu-narkoba-karena-diri.html

Jadi, jangan kaget jika anak remaja menjadi pendebat ketika orangtuanya mengatakan hal yang bertentangan dengan mereka. Sering terjadi tarik-menarik antara orangtua dan remaja. Terkadang anak meminta bantuan orangtua, kemudian dia mengatakan tidak membutuhkan bantuan lagi. Dengan penuh kesabaran, orangtua tetap perlu melakukan cara-cara agar anak remaja tetap disiplin.

Drumband menuju venue event

Mengajarkan disiplin pada anak usia remaja tidak semudah membalikkan telapak tangan, membutuhkan proses untuk membina anak menjadi disiplin. Saat ini menerapkan sikap disiplin pada anak kurang efektif bila hanya dilakukan dengan berteriak atau memarahi ketika anak tidak menuruti perintah orang tuanya.

Salah seoang pelajar SMA bernama Ica, memberi komentar  terkait hal ini. Ica lebih menyoroti bagaimana remaja jaman sekarang kurang memanfaatkan waktu dengan baik.

“Untuk generasi jaman sekarang banyak waktu yang sering disalagunakan, jadi harus lebih dipantau lagi sama orangtuanya biar anak itu terpantau dalam melakukan kegiatannya,” katanya pada Budiman Santosa dari spirit media inspiratif.

Dara kelahiran 2001 ini menilai, dengan memanfaatkaan waktu sebaik – baiknya, akan membuat diri lebih disiplin lagi. Jika hal itu sudah melekat, bakalan ogah melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat.

“Lebih baik pengen disiplin itu gunakan waktu sebaik – baiknya, misalkan belajar atau mencari kegiatan di luar yang positip - positip seperti kerja kelompok atau kegiatan lainnya yang berguna,” tambahnya.

Selain itu, menurut Ica, mewabahnya media sosial, menjadi penyebab. Bahkan Ica, mengatakan, dampak yang ditimbulkan media sosial lebih banyak negatip dibanding positip.

 “Di social media bukan mencari bahan pembelajaran tapi lebih condong ke facebookan, intenetan yang kurang bermanfaat.  Positipnya kalau digunakan dengan baik mencari bahan pembelajaran,” terang mojang yang bercita – cita menjadi dokter itu.

 Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/10/klub-bola-voli-lavani-siap-mentas-di.html

https://www.spirit.my.id/2020/03/pesona-pebola-voli-ini-bikin-ayu-ting.html

 Menutup, Ica, mengajak kepada generasi seangkatannya untuk opimis menatap masa depan dengan meningkatkan kedisiplinan dan tidak boleh berleha – leha.

“Gunakan waktu sebaiknya –baik nya dan jangan pernah buang – buang waktu yang tidak terlalu penting,” pungkas gadis kelas XI ini.

Editor : Res

Penulis : Budiman Santosa


 

Post a Comment for "Disiplin Remaja Sekarang Kadang Suka Mendebat Orangtua"