Kucing Binatang Yang Menggemaskan Tapi Ada Mitos Salah Tentang Hewan Ini

Kucing Binatang Yang Menggemaskan Tapi Ada Mitos Salah Tentang Hewan Ini
Muezza nama kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW

spirit.my.id - Kucing adalah binatang yang lucu nan menggemaskan dengan beragam bulu - bulu yang cantik. Kucing juga binatang yang tidak bernazis hingga banyak orang memeliharanya.

Selain itu, kucing merupakan hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Nama kucing yang dipelihara Nabi Muhammad SAW, bernama Muezza. Beliau sangat mencintai dan menyayanginya.

Banyak kisah yang menggambarkan bagaimana Nabi Muhammad SAW sangat cinta pada kucing diantaranya, ketika memberikan ceramah dalam rumah, Nabi Muhammad selalu memangku Muezza dalam pangkuannya. Nabi juga menggunakan air wudhu yang telah digunakan Muezza untuk minum.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2021/01/singa-dan-harimau-disatukan-dalam-satu.html

https://www.spirit.my.id/2021/01/seekor-anjing-menyerang-dua-singa.html

Ada lagi menurut sebuah kisah, suatu hari Nabi hendak berangkat salat dan mempersiapkan diri serta berpakaian, namun, Nabi Muhammad menemukan Muezza tidur beralaskan jubahnya. Bukannya membangunkan sang kucing, Nabi Muhammad SAW malah memilih memotong sebagian jubahnya, meninggalkan Muezza tetap tidur. Sepulangnya dari salat, Nabi mendapati kucing kesayangannya itu sudah terbangun dan bersujud padanya, Nabi pun membalas dengan mengelus tubuhnya sebanyak tiga kali.

Seiring kemajuan ilmu dan pengetahuan, banyak penelitian menyebutkan  memelihara kucing banyak manfaatnya, salah satunya menurunkan resiko penyakit jantung dan memberi dampak positip bagi kesehatan mental.

Memelihara kucing juga mampu menurunkan tingkat stres. Studi menemukan bahwa memelihara kucing memberikan dampak pada risiko penyakit kardiovaskular atau jantung. Studi tersebut menemukan adanya penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke pada orang-orang yang memelihara kucing.

Dalam survei yang dilakukan Cats Protection terhadap 600 responden yang separuhnya memiliki masalah kesehatan mental, sebanyak 87 persen responden yang memelihara kucing merasakan efek positif pada kehidupan mereka. Sebanyak 76 persen responden juga menyatakan bahwa, mereka mengatasi stres dengan lebih mudah berkat kucing.

Meski kucing binatang yang banyak digemari di seluruh pelosok dunia, dahulu ada sejarah kelam yang beranggapan kucing adalah binatang sihir yang membahayakan dan bisa membawa bencana.

Banyak mitos tentang kucing yang salah kaprah, mulai dari ada yang mengatakan bahwa dia memiliki 9 nyawa dan dapat memberi karma bagi orang yang menyakitinya atau membunuhnya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/10/sanggar-senam-spirit-manca-v-aerobik.html

https://www.spirit.my.id/2020/08/memet-punya-cita-cita-ingin-pemkot.html

Dalam hadist Rasullullah, ada seorang wanita yang menyiksa kucing dengan mengurung dan tidak memberi makan, si wanita meninggal dan masuk neraka.

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “hadis ini menunjukkan di haramkannya membunuh kucing dan diharamkan mengurungnya tanpa diberi makan dan minuman.

(Res)




Post a Comment for "Kucing Binatang Yang Menggemaskan Tapi Ada Mitos Salah Tentang Hewan Ini"