Sahur Ibaratnya Ngantuk dan Ini Makanan yang Mesti Dikonsumsi


sahur ngantuk
Haikal tak apa tidak sahur tapi tetap harus puasa


spirit.my.id - Sahur adalah salah satu syarat dan ketentuan yang berlaku di bulan Ramadhan. Sahur  dilakukan sebelum waktu imsyak tiba kala kita sedang enak - enak tidur. Godaannya ogah tapi harus dilaksanakan kalau tidak puasanya bisa - bisa lemes dan kurang afdhol.

Makan atau minum sahur tak harus berlebihan yang penting membuat tubuh kamu kuat dan segar. Sahur menjadi pengganti sarapan untuk mengisi energi kala melakoni puasa.

Pilihlah makanan yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, jangan pula kamu terlalu banyak makan. Kekenyangan akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, atau bahkan bisa mengganggu jalannya proses pencernaan. 

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan agar badan tetap fit menjalankan puasa? Simak penjelasannya di sini, seperti dikutip dari halodoc.


Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber gizi utama untuk menyediakan energi tubuh. Nasi mungkin lebih umum dikenal sebagai sumber karbohidrat, tapi mengonsumsinya terlalu berlebihan sebenarnya tidak baik. Pasalnya, terlalu banyak nasi bisa meningkatkan kadar gula darah, sehingga kamu  akan lebih mudah mengantuk saat beraktivitas.

Jadi, lebih baik konsumsi makanan jenis karbohidrat kompleks untuk dimakan saat sahur. Sebab, karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama dan memberi energi dalam waktu yang lebih lama pula.

Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah oatmeal, roti gandum, nasi merah, sereal, kentang, dan lain-lain. Porsi yang dianjurkan saat sahur adalah tidak lebih dari dua porsi.

Penuhi Sumber Protein

Protein bekerja untuk memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh, sehingga zat ini penting dikonsumsi saat sahur. Manfaat protein lainnya adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, kamu tidak mudah sakit meski sedang menjalankan protein.

Sumber protein sangat mudah ditemui di berbagai jenis makanan, seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sama seperti karbohidrat, sebaiknya konsumsi 1–2 porsi saja

Konsumsi Sayuran dan Buah

Pastikan sayur dan buah selalu ada dalam menu sahurmu. Pasalnya, sayur dan buah adalah sumber utama dari serat, vitamin, kalsium dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Kamu bisa membuat menu yang bervariasi untuk sahur agar tidak cepat bosan. Namun, perlu diingat untuk mengurangi konsumsi buah yang terlalu asam untuk menghindari penyakit maag

Banyak Minum Air Putih

Air memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Sebab, 60–70 persen tubuh manusia mengandung air. Air diperlukan untuk memperlancar pencernaan, metabolisme tubuh, dan menjaga hidrasi tubuh. Maka dari itu, kekurangan cairan tubuh bisa berakibat fatal untuk tubuh kita.

Jadi, jangan lupa untuk penuhi asupan cairan saat sahur. Sebaiknya, konsumsi air putih yang akan jauh lebih sehat untuk tubuhmu. Minumlah setidaknya 2 gelas atau lebih saat sahur.

Nah terkait sahur, seorang pemuda bernama Haikal Syahbandi, memberikan komentar tentang aktifitas sahurnya.

Ikal, pangilan karibnya, menceritakan sering kesiangan waktu sahur tapi tetap puasa.

“Tak apa engga sahur juga asal niat puasa sampi tamat. Kalau sahur di rumah seadanya, tapi sesuai dengan niat kita kalau niat kita baik pasti hasilnya baik juga.,”katanya pada redaksi.

Ikal mengaku, aura sahur berat karena masih mengantuk, agar tak kesiangan dirinya tidur lebih awal.

“Sahur hawanya ibaratnya ngantuk, mungkin lebih di awal tidur, sudah taraweh, ngaji pulang engga melakukan apa – apa lagi,”ucapnya.

Namun dibalik rutinitas puasanya, Ikal mengaku, yang membuatnya kesal adalah ketika melihat teman – temannya tidak puasa. Yang ia lakukan ialah mengingatkan dengan baik – baik kalau puasa itu adalah kewajiban.

“kesel pasti paling  kalau sama teman sambil bercanda sedikit dinasehati soalnya kan kalau langsung pasti engga enak. Soal sadar engganya tergantung dianya,”ujarnya.

Di bulan penuh keberkahan ini, remaja yang bercita – cita menjadi dokter itu mengajak untuk menjaga perilaku supaya kesucian bulan suci Ramadhan tidak ternodai.

(Res)

Post a Comment for "Sahur Ibaratnya Ngantuk dan Ini Makanan yang Mesti Dikonsumsi "