SWADECI Hadir Untuk Menembus Batas Pemisah


Pengukuhan Forum Silaturahmi Warga Desa Citapen (SWADECI)


spirit.my.id – Agar masyarakat lebih terlibat lagi dalam pembangunan baik fisik maupun ekonomi, rasanya perlu dihadirkan wadah yang bisa mewujudkan hal tersebut, salah satunya Forum Silaturahmi Warga Desa Citapen (SWADECI), Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Pengurus forum ini telah dikukuhkan oleh kepala Desa Citapen, Asep Abdurahman, yang dihadiri oleh Ketua BPD, Ahmad Nur, dan jajaran lainnya serta tamu undangan di Balai Desa Citapen, pada Jumat, 2 April 2021.

Pemerintah Desa Citapen sendiri sangat mendukung adanya Forum tersebut.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2021/01/cara-jitu-menangkal-globalisasi-adalah.html

Ketua Forum Gunawan Rasyid, menjelaskan, dibentuknya forum ini karena desakan dari warga Desa Citapen.

‘Adanya forum ini yang pertama Harus lebih maju lagi dari sekarang. Yang kedua potensi sumber daya memang ada kalau tidak diwadahi tidak mewujudkan sesuatu. Yang ketiga potensi sumber daya alam ada. Disinikan banyak tanah pasir yang bisa dijadikan lapang bola,” katanya pada Budiman Santosa dari spirit media inspiratif, usai pengukuhan.

Lanjut sang Ketua, dari semua potensi yang ada di Desa Citapen, bisa lebih dikembangkan lagi untuk  mensejahterakan warga.

“Potensi juga buat ekonomi kreatif seperti bantaran Saguling bisa diberdayakan menjadi potensi ekonomi untuk spot poto, diperbaguslah sehingga tidak perlu ke Bandung,” tambahnya.


Gunawan Rasyid, Ketua, saat pidato pengukuhan

Terkait program kedepan, Gunawan Rasyid, tak mau gegabah harus ada pertemuan untuk membahas program apa yang memang sangat diperlukan karena forum ini berangkatnya dari semangat kebersamaan dan terbuka.

“Jadi ilmunya dulu ditambah baru kita melangkah. Paling pertama kapasitas building meningkatkan sumber dirinya itu,” ucapnya.

Selain itu ia menilai,  di Desa Citapen ada kultur lama yang harus didobrak. Dengan kehadiran Swadeci ini, diharapkan sekat pemisah dapat terurai.

“Ya artinya bukan di dobrak secara negatif artinya menembus batas – batas tadi dengan semangat baru sehingga yang punya potensi untuk jaringan, yang punya potensi kemampuan bisa berkembang dengan wadah ini,” jelasnya.

Dengan semangat kebersamaan, ia optimis yang menjadi cita – cita forum yang dikomandoinya bakal tercapai.

“Yakinlah dengan semangat bersama,” ujarnya.

Sementara itu Bambang Hery Santoso, bendahara forum, mengatakan, munculnya forum bukan tidak ada alasan.

“Kita sebagai masyrakat wajib tahu, wajib merasakan, wajb sejahtera dan harus cerdas juga. Insya Allah dengan munculnya forum ini jadi jembatan untuk meningkatkan kemampuan Desa Citapen,” tuturnya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2019/08/sambut-hari-kemerdekaan-ke-79-tahun.html

Bambang berharap, kedepan forum ini bisa dirasakan kehadirannya di tengah – tengah masyarakat.

“Pemerintah Desa Citapen, BPD dan forum ini bisa berjalan menembus batas tadi. Insya Allah forum ini punya prinsip praduga tak bersalah,” pungkasnya.

Editor : Restu Nugraha

Reporter : Budiman Santosa.








Post a Comment for "SWADECI Hadir Untuk Menembus Batas Pemisah"