Forum Obrolan Pakidulan (OPAK) Serap Dua Aspirasi yang Akan di Tindak Lanjuti

opak aspirasi
OPAK akan tindak lanjuti aspirasi masyarakat pakidulan


spirit.my.id - Sejak Forum obrolan Pakidulan Hadir atau disingkat OPAK, aspirasi masyarakat Wilayah Selatan mulai mencuat yang selama ini mengendap di permukaan.

Dari sekian banyak aspirasi masyarakat Pakidulan yang masuk ke Jongko OPAK, baru dua aspirasi yang akan segera ditindak lanjuti, yakni :

-Mengkaji ulang pengerjaan saluran air atau irigasi CIDADAP 2 yang menyentuh kebutuhan pengairan untuk persawahan di 4 Desa, yakni Desa Cibedug, Sukamanah, Bojong dan Cinengah, yang berada di kecamatan Rongga.

- Penerangan Jalan Umum (PJU) di RW 4 Desa Batujajar, Kecamatan Batujajar.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2021/08/opak-forum-obrolan-pakidulan-parlemen-jalanan-rumah-inspirasi-dan-pemberdayaan-masyarakat-wilayah-selatan.html

Terkait aspirasi pengkajian ulang CIDADAP 2, dasarnya, karena sudah 15 tahun terbengkalai pasca penanganan oleh PIJB ( Pengairan dan Irigasi Jawa Barat), yang sampai saat ini belum ada tindak lanjut, padahal jika difungsikan bisa mengairi area persawahan yang ada di 4 Desa tersebut, sekitar 3000 HA.

Sementara untuk CIDADAP 1, yang berlokasi di Kecamatan Gununghalu, saat ini sedang dikerjakan dengan harapan bisa mengairi area pesawan di daerah yang terdampak.

Jika CIDADAP 1 dan 2 mulus dikerjakan, diperkirakan, Wilayah Selatan, bisa memiliki Lumbung Ketahanan Pangan, disebabkan kondisinya sangat mendukung ke arah hal tersebut.

Menyinggung anggaran, dalam hal ini Corporate Sosial Responsibility (CSR) UPER CISOKAN, OPAK menyebut masih menyisakan anggaran kurang lebih 65 milyar, Karena itu pihak OPAK meminta, 70 persen dikonsentrasikan untuk 4 Desa yang terdampak,yaitu Desa Cibitung, Sukaresmi, Bojongsalam dan Desa Cicadas.

Selain itu pihak OPAK dan warga yang terdampak UPER CISOKAN, berharap penggunaannya tidak berdasarkan keputusan sepihak dari Pemerintah Kabupaten, tapi mengakomodir juga kepentingan masyarakat di 4 Desa tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Aspirasi berikutnya adalah terkait Penerangan  Jalan Umum atau PJU, yang berada di RW 4, Desa Batujajar, yaitu seputar jalan SMP, yang gelap karena belum ada PJU.

"Tuh ningan eta Batujajar komo ka pelosok2 model citapen. Mudaha2an ku ayana OPAK tiasa menjadi jembatan penyampaian aspirasi kepada para petinggi2 atau pemangku jabatan di KBB," kata Adi Boxer atau ABO, Ketua Forum RW se KBB, lewat grup wa OPAK.

Tentu saja keadaan ini cukup memprihatinkan dan harus ada solusinya. OPAK berjanji, akan segera bergerak untuk menindaklanjuti dua aspirasi ini. Lebih dari itu, OPAK berharap, kedepan PJU di wilayah selatan telah terpasang sehingga tak ada lagi kegelapan.

"Hapunteun sumbang usul salian perkawis pembangunan jalan di daerah pakidulan KBB juga yang sangat diperlukan adalah PJU (Penerangan Jalan Umum) supados caang baranang sampai ka pelosok2 lembur," tambahnya.

Untuk aspirasi CIDADAP dan CISOKAN, Opak akan melakukan audensi dengan PUPR dan BAPPEDA, sedangkan untuk PJU akan berdialog dengan Dishub KBB.

Supaya aspirasi tersebut  berjalan sesuai harapan, OPAK akan mendorong anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, Hj. Elin Suharliah.M.Si, komisi III bidang keuangan, untuk memfasilitasinya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2021/08/sanggar-seni-nata-saigel-wadah-untuk-lestarikan-seni-tradisi-sunda.html

OPAK optimis, dua aspirasi itu bisa terealisasi, sebab jika tidak ada di RJPMD KBB, setidaknya ada di RJPMD Propinsi, dan jika tidak ada juga, bisa menggunakan dana CSR melalui PLT Bupati KBB, Hengky Kurniawan.

"Dan membangun jalinan PERSAHABATAN adalah bukan masalah yang MUDAH karena menyangkut soal HATI ..  lain halnya dengan PERMUSUHAN yang bisa diciptakan dalam seketika ..maka untuk itu mari kita terus PUPUK dan kita PELIHARA persahabatan dan persaudaraan yang telah kita bina melalui Kekerebatan di ..JONGKO OPAK ini" 

Penulis : Taufik (Wakil Ketua OPAK)

Post a Comment for "Forum Obrolan Pakidulan (OPAK) Serap Dua Aspirasi yang Akan di Tindak Lanjuti"