Kang Eful : Matang di Berbagai Organisasi Membawanya Menjadi Ketua Pemberdayaan UMKM

Ketua pemberdayaan umkm

spirit.my.id - Setiap kita berada dilingkungan masyarakat sudah tentu akan terpanggil untuk bergerak, berbuat dan menebar manfaat sesuai dengan potensi dan kapasitasnya masing-masing, begitupun dengan sosok sederhana senang berorganisasi dan penggerak aktivitas keagaamaan, sosial, pendidikan dan ekonomi.

 Saiful Rachman yang akrab di sapa kang eful ini berlatar santri yang meniti pendidikan sampai ke perguruan tinggi jenjang S1 dan S2 di UIN SGD Bandung. Semenjak kuliah di jenjang S1 sudah aktif di organisasi mahasiswa di intra dan ektra kampus di PMII Kab.Bandung dari tahun 1999 s-d 2007 dan aktif organisasi kepemudaan KNPI Kab.Bandung sampai ke KNPI Kab.Bandung Barat.

Sementara kariernya diawali dari mengabdi sebagai asdos (asisten dosen) di al-mamaternya hanya tidak lama dan di beberapa perguruan tinggi swasta di kab.bandung dan cimahi, dikala itu belum terbentuk Kab.Bandung Barat. 

Di tahun 2007 mulai mengabdi dan terpanggil dimasyarakat tempat tinggalnya mendirikan sebuah lembaga pendidikan formal gratis Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Mukhtariyah dibawah naungan Yayasan Nurul Mukhtariyah sebagai ketua dengan lokasi di kampung tepatnya di Peusinggirang Rt.05/02 Desa/Kec.Sindangkerta Kab.Bandung Barat. 

Mengelola pendidikan dari mulai berdiri sampai kini sudah hampir 14 tahun berjalan, telah mengalami perkembangan dari mulai bangunan kelas yang awalnya akan roboh dan kini sudah berlantai satu, siswa dari tahun ke tahun terus bertambah, fasilitas sekolah bertahap dilengkapi dan insyaalloh akan dikembangkan ke lembaga pondok Pesantren bagi yatim dan umum, baginya pendidikan merupakan pondasi dan investasi amal. 

Perjalan aktivitasnya tidak terhenti hanya mengabdi di pendidikan saja, namun di organisasi kemasyarakatan NU di Kab.Bandung Barat kini aktif di lembaga LAKPESDAM PCNU sebagai ketua bersama-sama melakukan pemberdayaan jama'ah.

Sementara aktivitas ekonominya dengan membuka usaha diawali di tahun 2017 sama angka nya dengan mendirikan pendidikan formal gratis ada angka 7 nya. 

Usaha diawali dari merajut yaitu merajut karpet kustom, merajut lukisan kustom dan karpet ready stok bertempat di cilame Kab.Bandung Barat. Selain menjalani usaha juga mengikuti pendampingan sebagai pendamping UMKM Jabar Juara dan Mentor Prokus (Program Kewirausahaan Sosial) Kementerian Sosial RI dan Oorange Unpad. 

Hal ini yang kemudian berlanjut pemberdayaan UMKM secara mandiri walaupun kang eful sapaan akrabnya sedang menjalani usaha dan mengelola lembaga pendidikan, namun tetap bersemangat dengan bergabung dalam sebuah organisasi berjenjang dari pusat dan daerah yaitu BPC HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia),  HIPMIKIMDO (Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia) untuk wilayah Kab.Bandung Barat yang  terbentuk pada 17 Desember 2020.

 Keterlibatan dalam pemberdayaan UMKM didasari bahwa UMKM merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian lokal daerah maupun nasional, sisi lainnya UMKM juga merupakan salah satu pondasi, penyokong, ujung tombak bahkan sabuk pengaman perekonomian di Indonesia khususnya dimasyarakat kecil dan menengah, dan mampu bertahan diberbagai situasi pada masa krisis ekonomi 98 maupun kini dimasa krisis kesehatan pandemi covid-19. Selain itu UMKM memiliki peran strategis dalam upaya bersama dengan pemerintah daerah dan pusat dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran, sebab UMKM mampu menyerap tenaga kerja.

Dengan demikian UMKM Tidak bisa dibiarkan bergerak atau berjalan sendiri, sehingga pemerintah maupun lembaga mitra pemerintah dan komunitas usaha harus mendorong UMKM tetap bertahan bahkan bertumbuh walaupun ditengah pandemi saat ini yang serba sulit karena aktivitas masyarakat dibatasi dalam upaya meminimalisir penyebaran virus covid-19.


Disituasi seperti ini tentu sangat terasa dampaknya kepada pelaku UMKM terjadi penurunan penghasilan yang signifikan, namun hal ini menjadi tantangan berat bagi UMKM dan komunitas usaha seperti halnya HIPMIKIMDO di Kab.Bandung Barat dengan ketua Saiful Rachman untuk eksis dan tetap bersama UMKM memberikan pelayanan, support dan  akses kepada UMKM, baik itu akses perijinan, akses permodalan, akses pemasaran offline dan online, akses managemen dan SDM, serta akses jaminan keselamatan kerja. Dalam hal akses ini kami DPC HIPMIKIMDO KBB merajut kemitraan dengan Pemerintah Legislatif DPRD KBB, pemerintah eksekutif KBB, Bank BJB Padalarang KBB, BPJS Ketenagakerjaan KBB, Telkomsel dan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) KBB.

Dengan merajut kemitraan ini paling tidak UMKM merasa tidak sendiri, ada kita HIPMIKIMDO KBB yang bersama UMKM agar tetap bertahan dan maju usahanya.

Bertahan dan majunya UMKM dimasa pandemi covid-19 ini ada tawaran untuk bisa diterapkannya PPKM plus S2 yaitu hurup P pertama Perencanaan yang matang, hurup P kedua Pelaksanaan usaha berkelanjutan, hurup K nya Kreativitas ditingkatkan, hurup M nya Motivasi diperkuat dan hurup S pertama Segera diwujudkan jangan hanya sebatas mimpi, terakhir hurup S nya Segera kerjakan jangan banyak alasan.

(Res)


Post a Comment for "Kang Eful : Matang di Berbagai Organisasi Membawanya Menjadi Ketua Pemberdayaan UMKM"