Sanggar Seni Tari Rengga Maya Optimistis Makin Eksis dan Sejahtera

 

Sanggar seni tari Sunda Rengga Maya, siap lestarikan seni tradisi Sunda.

spirit.my.id - AdvertorialSanggar seni tari Rengga Maya  menerima bantuan kearifan lokal  dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (KEMENSOS RI) dan sumber dana Kearifan Lokal. Bantuan senilai Rp 50 juta rupiah yang bersumber dari dua lembaga tersebut telah dicairkan pada tanggal 8 November 2023 melalui Bank Mandiri.

Bantuan dana tersebut rencananya akan digunakan untuk pembelian alat musik ketuk tilu sebagai sarana penunjang pelatihan musik dan tari terutama untuk meningkatkan performa sanggar seni tari dalam berbagai kegiatan. Selain itu, dana juga diarahkan untuk meningkatkan kemandirian sanggar di sektor ekonomi melalui pembuatan peternakan ikan dengan melibatkan anggota. 

Riana Setiadi Putera, Ketua sanggar tari Rengga Maya, menyambut baik bantuan yang diterima.

"Syukur Alhamdulillah atas bantuan yang diberikan Kementerian Sosial RI, bantuan ini tentu akan sangat membantu kami dalam memperkuat sanggar seni tari ini. Seni dan budaya merupakan sebuah warisan dari para leluhur yang dimana terciptanya sebuah karya seni tradisi adalah bukti nyata harmonisasi, keserasian, persatuan dan kebhinekaan sosial khususnya masyarakat Sunda. Dari bantuan ini kami mengalokasikan untuk pengadaan alat musik dan kostum tari," latanya.

Bantuan ini juga akan dimanfaatkan untuk keserjahteraan dengan meningkatkan perekonomian anggota.

"Ya selain dari seni kami juga menyoroti meningkatkan perekonomian anggota melalui pengadaan peternakan ikan, mengapa demikian. Sejak dari dulu masyarakat kita (seni tradisi) tidak lepas dari yang namanya berkebun, berdagang, dan beternak. Dari sini diharapkan akan membuka peluang usaha untuk anggota," jelas Riyan.

Proses pencairan dana melalui Bank Mandiri kemarin membuktikan keseriusan pemerintah pusat dan dukungan lokal terhadap pengembangan seni dan ekonomi di tingkat daerah. 

Keputusan ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok seni dan masyarakat lokal guna menggerakkan perekonomian di masa pandemi ini.

Harapannya, bantuan ini tidak hanya memberikan manfaat secara langsung bagi sanggar seni tari Rengga Maya tapi juga memberdayakan masyarakat setempat dalam menghadapi tantangan ekonomi.

"Semoga kolaborasi antara pemerintah dan kelompok-kelompok masyarakat ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk terus mengembangkan potensi lokal kedaerahan mereka," pungkasnya.

Sekretariat Sanggar tari seni Sunda Rengga Maya Kampung Sindangkerta RT 02 RW 2.

Tempat latihan Aula Atikan Sunda Jalan Raya Gandok Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. 

Kunjungi Channel YouTube kami :

https://m.youtube.com/channel/UCVwuWm_OqbkpnavfgIRtrsQ

Berita seputar Persib. olahraga Jabar dan nasional kunjungi :

https://sportsjabar.com/

(*)

Post a Comment for "Sanggar Seni Tari Rengga Maya Optimistis Makin Eksis dan Sejahtera"