Jebolan SMA dan SMK, memiliki Jiwa Entrepreneurship Sama.


jebolan sma dan smk
Lulusan SMA dan SMK punya jiwa yang sama

spirit.my.id – Setelah lulus sekolah tentu banyak pilihan, kuliah, bekerja atau wirausaha, yang pasti jangan lah jadi pengangguran. untuk urusan skil, SMK mungkin lebih unggul dibanding SMA.

Memang SMK lebih menekankan pada kemampuan dalam mengolah potensinya, sehingga begitu lulus mereka sudah siap dengan dunia kerja atau usaha atau sekarang dikenal dengan bahasa  kerennya entrepreneurship.

SMA sendiri, nuansanya lebih pada kuliah, seengganya lanjut di jalur pendidikan..

Artikel Terkait :



Namun tidak semua berpandangan seperti itu, ada yang berpendapat lain, Silda Ismi, semisal, pelajar kelas XI SMA.

Menurut Silda, begitu dipanggil, yang paling mendasar adalah tergantung orangnya ada kemauan atau tidak.
“Emang sih SMA itu basiknya lebih ke kuliah atau pendidikan, sedangkan SMK lebih pada pekerjaan atau membuka usaha. Tapi kalau anak SMA pengen berbisnis kenapa engga. Sekang sudah banyak yang sukses, kuliah sambil bekerja, ya tergantung orangnya juga,” katanya pada redaksi.

Mojang geulis kelahiran 4 Oktober 2002 ini, menjelaskan, banyak jebolan  SMA yang bisa membuka usaha baru yang bisa menyerap tenaga kerja yang berdampak pada pengurangan pengangguran.  

Namun begitu, Silda menambahkan untuk memiliki jiwa entrepreneuship handal banyak faktor mempengaruhi, salah satunya adalah keluarga.

“Turunan bisa, misalnya orang tua yang punya bisnis bisa diturunkan ilmu atau bakatnya pada anaknya,” jelas dara yang bercita - cita menjadi guru ini.

Baca Juga :



Sebab itu, untuk memiliki jiwa kewirausahaan dibutuhkan keuletan, kerja keras dan semangat. Silda pun berharap, lulusan SMA maupun SMK bisa memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara.


“Perlu mendatangkan entrepreneur yang sudah sukses sebagai motivasi, kenapa dia bisa, aku juga harus bisa dong,” begitu jawab Silda tersenyum manis.

(Res)



Post a Comment for "Jebolan SMA dan SMK, memiliki Jiwa Entrepreneurship Sama."