Generasi Muda Harus Menghindari Tiga Hal Ini

Generasi muda
Generasi muda harus menghindari TRIAD KRR

spirit.my.id – Di era canggih seperti sekarang, sejatinya generasi muda Indonesia harus pandai dalam bergaul, kalau tidak, bisa terjebak pada pergaulan tidak bermutu.

Ada tiga elemen yang wajib dihindari generasi muda yang dikenal dengan sebutan TRIAD KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yaitu sex pra nikah, Pernikahan dini dan napza (narkotika, psikotropika, zat adiktif)

Apabila ketiga elemen tadi dapat dihindari hakul yakin deh generasi milineal bangsa ini akan gemilang. Namun begitu tak mudah sebab hal ini sangat terkait dengan faktor lingkungan.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2019/04/sekolah-kurang-memperdalam-ilmu-sex.html

Nah, seorang remaja bernama Salman Mujaki memberi komentar terkait hal yang satu ini.

Salman begitu dipanggil, mengatakan lingkungan sangat berpengaruh pada diri sendiri, bila pergaulannya positif maka hasilnya akan baik tapi sebaliknya jika lingkungan disekitarnya kurang mendukung hasilnya pun akan hancur

“Pernikahan dini kebanyakan orangtua menjodohkan anaknya karena faktor ekonomi maupun lain sebagainya. Kadang  ada yang beranggapan nikah muda lebih baik dari pada jinah. Kalau dilihat masa kini ekonomi, psikologisnya juga harus dipertimbangkan,” katanya pada Redaksi.

Salman menjelaskan, BKKBN telah mengeluarkan aturan pernikahan bagi laki - laki minimal usia 25 dan perempuan 21 tahun.

Menurut pemuda yang bercita – cita menjadi guru ekonomi ini menyampaikan, aturan tersebut selain untuk menekan jumlah penduduk juga secara fisik, bibit, bobot sudah siap dan matang.

“Diperkirakan dari tahun 2020 sampai 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Sayangkan kalau itu tidak dimanfaatkan dengan baik, karena bonus demografi terjadi dalam suatu bangsa hanya sekali. Jepang sudah mengalami bonus demografi dimanfaatkan dengan baik. Nah Indonesia juga harus memanfaatkan dengan baik dan berkualitas," terang Salman.

Lebih jauh, anak pertama dari dua bersaudara ini menilai, media sosial sangat berdampak, ia menginginkkan alangkah baiknya bila yang memengang  gadget atau hp usia yang telah cukup 14 - 15 tahun.

Baca Juga :


“Yang harus disiapkan adalah genre (generasi berencana). Dimana kita harus menyiapkan kehidupan yang akan datang. kita harus mempersiapkannya seapik mungkin. Kalau hidup kita sudah terencana Insya Allah kedepannya juga terencana,” ujarnya.

Terakhir, sebagai anak yang terlahir di jaman now, Salman berpesan kepada kaum muda untuk menjaga potensi dengan menjauhi perilaku dan pola pikir yang tidak berguna.

“Untuk generasi milineal di Indonesia, diharapkan untuk menghindari yang tiga tadi. Itu adalah ancaman reproduksi remaja yang telah mewabah hampir remaja di seluruh Indonesia,” pungkasnya menutup.

(Res)



Post a Comment for "Generasi Muda Harus Menghindari Tiga Hal Ini"