Peran Generasi Muda Selalu Dikaitkan Dengan Kemajuan Suatu Bangsa

 

peran generasi muda
Photo event spirit manca enterprise


spirit.my.id - Sudah menjadi maklum, generasi muda selalu dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa. Di berbagai belahan dunia, peran generasi muda tak pernah surut, mereka berperan dalam pembangunan bangsa, tak terkecuali bangsa Indonesia.

Peran generasoi muda bagi bangsa Indonesia sudah terjadi di masa perjuangan, dimana banyak pemuda yang menggelorakan kemerdekaaan dengan membentuk berbagai organisasi seperti pergerakan Budi Utomo yang dimulai pada tahun 1908, Sumpah Pemuda di tahun 1928, yang menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda, yang menjadi tonggak sejarah pergerakan pemuda seluruh Indonesia dalam semangat kemerdekaan Indonesia,

Pada peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, dimana golongan muda ada didalamnya ikut berperan aktif. 

Setelah proklamasi kemerdekaan banyak pergerakan pemuda, pelajar, dan juga mahasiswa yang berlangsung pada sekitar tahun 1966, hingga pergerakan mahasiswa yang kemudian berhasil meruntuhkan kekuasaan orde baru pada tahun 1998 yang juga sekaligus mengantarkan bangsa Indonesia pada masa reformasi.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2020/03/karena-internet-banyak-anak-muda.html

https://www.spirit.my.id/2019/06/anak-muda-harus-lebih-inovatif-jangan.html

Di masa kini,  banyak generasi muda yang mencetak prestasi mentereng, semisal pelajar SMP dan SMA dari berbagai wilayah di Indonesia berhasil menyabet 1 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu pada lomba penelitian internasional bidang sosial International Conference of Young Social Scientists (ICYSS 2019).

eksistensi generasi muda
Anak muda bikin karya nyata yang menginspirasi

Ada lagi,  Muhammad Adyan Dafi (15 tahun), siswa kelas IX, SMP Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Bogor, Jawa Barat, yang sukses menggondol medali perak dalam kejuaraan  IJSO (International Junior Science Olympiad) 2019 atau Olimpiade Internasional Sains tingkat pendidikan menengah (SMP) di Doha, Qatar, pada 3-12 Desember 2019, lalu, dan masih banyak lagi.

Tentu saja capaian prestasi para pelajar ini membanggakan dan harus dipertahankan.

Namun di sisi lain, banyak anak muda yang tergelincir dalam sikap dan perilaku kurang terpuji, seperti mabuk – mabukan, memakai obat terlarang, seks bebas dan lain lain – lain.

Tentiu memprihatinkan bukan, seperti yang disampaikan oleh seorang mahasisiwi bernama Tri Rahayu Ningrum.

“Penyebabnya bisa karena factor media social dan didikan orang tua yang tidak perhatian. Anak yang baru menginjak masa SMP dan SMA, perlu komunikasi dan menanyakan seperti keperluan sekolahnya dan kesulitan belajar atau mungkin bergaul dengan lingkungan sekitarnya. Mungkin itu bisa mengecilkan dampak kurang baik dari media social atau pergaulan skarang,” katanya pada Budiman Santosa dari spirit media inspiratif.

Selain itu,  gadis remaja yang dilahirkan di era milinium. prihatin dengan etika dan hormat pada orang yang lebih tua sudah diabaikan.

Tri juga menjelaskan, bukannya menyalahkan media sosial, tapi salah satu pemicunya dari dunia maya. Sebab itu pandai - pandailah menggunakannya.

“Sosial media itu ada yang baik dan buruk. Kecenderungan anak muda sekarang spertinya lebih tertarik pada hal – hal yang tidak membawa pengaruh baik bagi dirinya. Sekali lagi, peran orang tua, sekolah dan masyarakat sekitar perlu saling mengingatkanlah. Jadi tolonglah kalau ada yang kurang baik tolong diingatkan jangan dibiarkan,” tandasnya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2019/12/doni-pemain-voli-timnas-tak-ada-kata.html

https://www.spirit.my.id/2020/10/klub-bola-voli-lavani-siap-mentas-di.html

Apalagi di media social, banyak berita – berita hoax yang bisa menyesatkan. Yang jelas, generasi muda Indonesia harus lebih baik dan makin berprestasi.

"Menjaga kehormatan diri sendiri, negara, agama, orang tua. jadi yah berbuat yang terbaik, perlihatkan prestasi manfaatkan kemajuan IPTEK, bikinlah karya nyata yang menginspirasi. Anak muda Indonesia bisa sejajar dengan anak muda dari negara lain,'pungkasnya optimis.

Editor : Restu Nugraha

Reporter : Budiman Santosa

Post a Comment for "Peran Generasi Muda Selalu Dikaitkan Dengan Kemajuan Suatu Bangsa"