Karena Hidup Sudah Enak Banyak Anak Muda Tak Peduli Lagi Pada Sejarah Bangsa

 

anak muda dan sejarah bangsa
Selayaknya anak muda tak boleh lupa pada sejarah perjuangan


spirit.my.id - Memang jaman semakin maju, namun begitu sejarah perjuangan bangsa tak boleh dilupakan, sebab dengan mengenal sejarah bangsa akan menumbuhkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan kecintaan terhadap ibu pertiwi.

Bahkan menurut salah satu sejarawan, sejarah ibarat silsilah keluarga yang harus tahu siapa leluhur dan pendiri bangsa kita.

Pun demikian proklamator kemerdekaan, Presiden pertama Indonesia ir. Soekarno, dalam konsep bernegara berpesan jangan sekali – sekali melupakan sejarah.

Tapi seiring waktu pula, banyak generasi muda yang merupakan penerus pembangunan bangsa, melupakan sejarah.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2021/01/peran-generasi-muda-selalu-dikaitkan-dengan-kemajuan-suatu-bangsa.html

Banyak peradaban dan budaya bangsa yang menawan, hanya mendapat perhatian sedikit dan secara perlahan namun pasti terlupakan. Kalangan anak muda sejatinya memahami dan menggali sejarah budaya bangsa sendiri.

Apalagi di era digital seperti sekarang semestinya anak muda, membuat sejarah sendiri , semisal pelajar membuat prestasi yang bisa menjadi kebanggaan sekolah, di keluarga menjadi anak soleh yang berbakti, dilingkungan bisa menjadi panutan dalam berperilaku.

Oleh karena itu, generasi muda diharapkan mampu menjadi pewaris, meneladani sekaligus melestarikan sejarah bangsa.

“kalau menurut saya benar atau engga fifty - fifty sih, ada anak muda yang masih emang jas merah lah yang tidak melupakan sejarah. Ada juga anak - anak yang emang masa bodo gitu. Tergantung beberapa faktor seperti lingkungan bermain, mungkin beda kalau lingkungannya lingkungan diskusi, terus keluarga juga. Orang tua mengajari anaknya harus menghargai para pahlwan salah satunya belajar sejarah"kata Ihsan Munawar pada Restu Nugraha dari spirit media inspiratif.

Menurut mahasiswa jebolan jurusan Hubungan International ini menilai, yang berperan besar dalam menumbuhkan sejarah adalah sekolah, tapi disayangkan banyak guru yang kurang greget dalam menyampaian pelajaran sejarah.

"Ada guru yang mungkin serius dalam menyampaikan sejarah - sejarah dan ada juga mungkin ada guru yang hanya sekedar menunaikan sebagai guru. Materi sudah disampaikan pada anak terserah anak mau ngerti mau engga yang penting materi sudah tersampaikan,"tandasnya.

Meski begitu, ada juga anak yang memang tertarik dengan sejarah, mencari sendiri sumber - sumber dari internet atau referensi lainnya.

"Menurut  saya sih kurang karena anak - anak sekarang disebut generasi milineal mungkin sudah serba enak yah, ah udahlah mikirin sejarah yang penting pikirannya sekarang sudah enak,"imbuhnya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/04/kumpulan-puisi-reviewnewsid_27.html

Pria kelahiran 1993 ini yakin, generasi jaman now, tak akan melupakan sejarah jika pendidikan sejarah menjadi prioritas.

"Anak - anak agar lebih bisa menghargai sejarah.Jadi dari semua pihak sekolah, guru, ngadain kegiatan yang berhubungan dengan sejarah seperti seminar - seminar jadi engga hanya kegiatan belajar mengajar saja," tutupnya.

(Res)

Post a Comment for "Karena Hidup Sudah Enak Banyak Anak Muda Tak Peduli Lagi Pada Sejarah Bangsa"