Walau Nyinyir Ada yang Dibolehkan Sebaiknya Jangan Deh Ini Penjelasannya

Nyinyir dibolehkan
Nyinyir akibat ketidakmampuan mengekspresikan diri


spirit.my.id - Nyinyir adalah perbuatan yang tidak terpuji dan berdosa. Nyinyir timbul biasanya, jika melihat orang lain sukses dan berprestasi sementara dirinya tidak mampu.

Nyinyir berarti mencemooh, mencela atau menyindir. Ya beda- beda tipis lah sama iri dengki, sebab yang diomongin kebanyakan keburukan.

Walau begitu, sebenarnya nyinyir tidak selamanya negatip ada positipnya, ko bisa ?

Begini, dalam Islam sudah diatur,nyinyir yang tidak dibolehkan adalah dengan tujuan buruk dan menyakiti orang lain, misal, menghina, balas dendam, riya alias ingin dipuji dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2019/06/hai-orang-yang-sombong-cepatlah-sadar.html

Sedangkan nyinyir  yang diperbolehkan bila tujuannya baik, misal, membuat sifat dan perilaku seseorang menjadi lebih baik, memberi motivasi, tapi tidak begitu saja tetap harus mengikuti aturan dan berdasarkan syariat dan hukum Islam.

Kendati demikian, sebagai seorang muslim, alangkah baiknya tidak bernyinyir ria, selain tidak bermanfaat juga Allah SWT tak menyukainya, seperti dalam firman :  (QS. Al-Hujurat[11] :

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, karena boleh jadi mereka yang (yang diolok-olokkan lebih baik dari mereka yang (mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan mengolok-ololk perempuan yang lain, karena boleh jadi perempuan (yang diolok-olok) lebih baik daripada yang mengolok-olok. Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (paggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Menilik firman tersebut, dengan terang benderang Allah SWT menegaskan, nyinyir atau mengolok – ngolok, merupakan perilaku tak baik dan akan masuk neraka jika tidak bertobat.

Photo ilustrasi

Nyinyir bisa dilakukan oleh semua orang apalagi di  jaman now, media social yang sudah menjadi gaya hidup, banyak update yang menyenggol teman sendiri dengan nyinyiran dengan beragam alasan.

Tahukah akibat nyinyir ? tak sedikit pertikaian terjadi, asalnya berteman baik menjadi tak harmonis,  terkadang antar saudara sendiri bisa terjadi suasana panas sampai percekcokan.

Nah terkait ini, seorang wanita bernama Ainun Nisa Nurhuda, memberi pandangannya.

Gadis cantik ini mengatakan, nyinyir adalah suatu perkataan yang tidak ada guna dan manfaatnya karena bisa dikatogerikan syirik.

“Melihat temannya mendapat pujian yang bagus,sedangkan dirinya tidak bisa melakukan itu,” katanya pada Restu Nugraha dari spirit media inspiratif.

Ainun, begitu dipanggil, lebih jauh mengatakan, nyinyir terjadi akibat ketidakmampuan untuk mengekpresikan diri, sementara orang lain atau teman sendiri mampu melakukannya.

Lebih parah lagi, nyinyir kini sedang trend di semua tingkatan usia terutama remaja jaman now.

“Kebiasan itu terjadi di kita contohnya seperti anak itu ingin mendapatkan tingkatan yang dimilik temannya tapi ia tidak bisa malah menjelekan supaya si temannya itu jadi jelek. jadi dia itu terus ngomong engga ada capenya,” terang Ainun.

Gadis remaja yang bercita – cita menjadi pengusaha sukses ini menandaskan, sifat nyinyir sangat tidak baik, bahkan si Neng meyakini, yang doyan nyinyir tidak bakalan bisa berkarya kerena sibuk mencari kelemahan orang lain.

“Hanya saja cara dia ingin mendapakan suatu yang yang baik itu salah, syirik aja sama orang lain, merasa dirinya lebih baik dari yang lain engga mau dikalahkan. Merugikan dirinya juga,” tegasnya.

Ainun sendiri akan diam, ogah melayani apabila dirinya di nyinyirin. Buktikan saja bahwa kita bisa tidak seperti yang diomongin.

“Lingkungan, sekarang makin kedepan makin maju. Beda sama dulu, dulu kan ada permaian tradisional sekarang engga ada, sekarang semakin moderen,” imbuh dara yang suka makanan perkedel itu.

 Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/09/wajah-cantik-akan-pudar-seiring-usia.html

Terakhir ia berpesan, bolehlah bernyinyir ria asalkan pada tempatnya.

“Sebaiknya sebelum mengoreksi yang lain sebaiknya koreksi dulu dirinya engga boleh ngomong sembarangan, jaga lisannya jaga prilakunya,” pungkasnya seraya tersenyuman.

 (Res)

 

Post a Comment for "Walau Nyinyir Ada yang Dibolehkan Sebaiknya Jangan Deh Ini Penjelasannya"