Papajar, Mapag Fajar Tradisi Sambut Bulan Suci Ramadhan Dari Cianjur


papajar sasmbut bulan ramadhan
Papajar, SDIT Cahaya Qurani di Curug Sawer


spirit.my.id - Bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah tinggal menghitung hari. Umat muslim dunia tak terkecuali di Indonesia menyambutnya dengan rasa syukur dan gembira. Sebagai wujud suka cita sambut bulan suci, salah satunya dengan papajar.

Papajar merupakan tradisi orang Sunda sejak era tahun 80 an. Konon katanya papajar singkatan dari mapag fajar. 

Papajar dipahami sebagai kebiasaan untuk melakukan rekreasi menjelang datangnya bulan Ramadhan. Papajar bisa disamakan juga dengan munggahan walau secara spesifik agak berbeda.

Secara teknis biasanya para keluarga atau (rombongan dari sebuah komunitas atau lembaga) membawa makanan seperti nasi timbel atau ngaliwet lengkap dengan lauknya ke tempat rekreasi dan makan bersama di sana, baik di rerumputan maupun membawa tikar yang digelar.


Ceria dan syukur sambut Ramadhan 


Sementara kalangan muda biasanya menikmati Papajar dengan bermotor piknik ke tempat rekreasi dan menghabiskan waktu dengan ngopi, ngobrol, makan, hingga bermain gitar.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/05/photograper-ini-curhat-soal-bulan-suci.html

https://www.spirit.my.id/2020/04/esteban-vizcarra-optimis-puasa-nya-akan.html

Awal mula adanya papajar, yakni berawal dari para ulama di daerah Cianjur, seperti yang di sampaikan oleh Abah Ruskawan, Ketua Lembaga Kebudayaan Cianjur (LKC) Kabupaten Cianjur.

Abah Ruskawan mengatakan, istilah papajar secara umum hanya ada di Cianjur, karena di daerah lain disebut munggahan.

"Papajar itu bagian dari tradisi dan tradisi itu susah dihilangkan. sehingga akan terus menjadi kebiasaan. Memang belum ada penelitian khusus terkait papajar ini, namun secara opini yang terbangun setelah ngobrol dengan berbagai tokoh, memang papajar itu asli dari Cianjur," katanya, dikutip dari Cianjur Today, pada Kamis, 1 April 2021.

Papajar tradisi orang Sunda sambut bulan suci Ramadhan


Seiring waktu, papajar mulai akrab dilakukan diberbagai daerah di Jawa Barat. Seperti yang dilakukan  SDIT Cahaya Qurani, Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Bersama guru, orang tua dan murid, melaksanakan papajar ke daerah wisata Curug Sawer, Cililin, dengan membawa makanan.

Sebelum makan bersama, rombongan yang di pimpin Haji Yuda Suhada itu, melakukan berbagai kegiatan yang menghibur memanfaatkan fasilitas dan suasana di Wana Wisata tersebut.

SELURUH STAF DAN REDAKSI SPIRIT MEDIA INSPIRATIF SERTA MANCA SPIRIT MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANKAN IBADAH SHAUM 1442 H, 2021. SEMOGA MENDAPAT LIMPAHAN KEBERKAHAN DAN KEBAHAGIAN LAHIR DAN BATIN, AMIN.

(Redaksi)


.

Post a Comment for "Papajar, Mapag Fajar Tradisi Sambut Bulan Suci Ramadhan Dari Cianjur "