Membangun Kreatifitas Sama Dengan Mempertajam Pikiran, Ini 4 Tahapannya

pikiran kreatifitas
Photo tim kreatif manca spirit

spirit.my.id - Tak menampik, jika kita bersama dengan orang - orang yang memiliki kreatifitas tinggi, dengan sendirinya akan terseret arus ikut kedalamnya, demikian pula sebaliknya menyatu dengan mereka yang tak punya kreatifitas atau stagnan dengan cara berpikirnya, kita akan terjebak dengan perilaku tersebut, efeknya, akan terbelenggu kreatifitas yang kita miliki.

Tentu bagi kamu yang punya daya kreatifitas maksimal, pasti ingin bareng dengan sohib - sohib yang satu ide dan pikiran yakni mengembangkan potensi diri yaitu kreatifitas.

Dunia kreatifitas memang mengasyikan walau penuh tantangan, ide dan pikiran kita dituntut menyajikan hal - hal baru yang inovatif dan briliant.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2020/12/pemuda-kreatif-ini-bangun-cafe-djaboenk.html

Kreatiftas sendiri adalah kemampuan individu dalam menggunakan imajinasi dan berbagai kemungkinan yang diperoleh karena interaksi dengan ide atau gagasan, orang lain serta lingkungan, tentunya untuk membuat koneksi dan hasil yang baru juga memiliki makna.

Di sisi lain, kreativitas adalah sebuah hal yang bisa membuat takjub. Dengan kreativitas, bisa terwujud ide cemerlang yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Bahkan kreativitas adalah sebuah kelebihan yang membantu seseorang untuk menyelesaikan sebuah permainan atau masalah yang dihadapi.

Menurut beberapa pakar, ciri - ciri orang yang punya kreatifitas diantaranya menunjukan rasa ingin tahu yang luar biasa, menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan, sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar, berani mengambil risiko, suka mencoba, peka terhadap keindahan dan segi estetika dari lingkungan.

Untuk mewujudkan ide atau gagasan yang disatukan dalam kreatifitas ada tahapan - tahapannya, yakni, 

Photo Hijab Fest Manca Spirit

1. Tahap Persiapan

Berisi kegiataan pengenalan masalah, pengumpulan data informasi yang relevan, melihat hubungan antara hiptesis dengan kaidah-kaidah yang ada, tapi belum sampai menemukan sesuatu, dan baru sekadar menjajaki kemungkinan-kemungkinan. Sampai batas tertentu keseluruhan pendidikan, latar belakang umum dan pengalaman hidup turut menyumbang proses persiapan menjadi kreatif.

2. Tahap Inkubasi

Masa inkubasi atau tahap istrirahat, masa menyimpan informasi yang sudah dikumpulkan, lalu berhenti dan tidak lagi memusatkan diri atau merenungkannya. Kreativitas adalah hasil kemampuan pikiran dalam mengaitkan berbagai gagasan, menghasilkan sesuatu yang baru dan unik. Dalam proses mengaitkan ide, pikiran sebenarnya melakukan proses, yaitu:

- Menjajarkan: mengambil satu gagasan dan mengadunya dengan ide lain, dari kontras muncul ide baru.

- Memadukan: meminjam sifat aspek dari dua ide dan menyatukannya untuk bersama-sama membentuk ide baru.

- Menyusun atau memilih: menggabungkan banyak ide untuk membentuk suatu sintesis dipuncak atau dasar, ide yang benar-benar bary, yang menyatukan seluruh elemen.

- Mengitari: dimulai dengan gambaran kabur ide baru, kemudian mempersempitnya pilihan untuk mendapatkan suatu konsep pokok yang manjur.

- Membayangkan: menggunakan imajinasi dan fantasi untuk menghasilkan ide baru dari ide lama.

3. Tahap Pencerahan

Tahap pencerahan yang dikenal luas sebagai pengalaman eureka atau “Aha”, yaitu saat inspirasi atau sebuah gagasan baru muncul dalam pikiran, seakan dari ketiadaaan untuk menjawab tantangan kreatif yang sedang dihadapi.

4. Tahap Pelaksanaan atau Pembuktian

Di tahap ini titik di mana seseorang memberi bentuk pada ide atau gagasan baru, dan menyakinkan bahwa gagasan tersebut dapat diterapkan. Dalam tahap ini ada gagasan yang dapat berhasil dengan cepat dan ada juga yang perlu waktu bulanan bahkan tahunan.

Orang yang punya kreatifitas selalu berpikir rasional dan menjustifikasi Ketika mencoba hal baru, pikirkan terlebih dahulu apa alasan yang mendasari. Alhasil, akan tertanam keyakinan untuk terus berusaha.

Sedangkan orang yang tak punya kreatifitas, cara berpikirnya pasif. Tidak ada ide yang asli. Kalau terus berpikir untuk menciptakan hal baru tanpa berusaha mencari informasi bersangkutan sebagai tolok ukur atau inspirasi, otak hanya akan kehilangan energi.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2021/01/peran-generasi-muda-selalu-dikaitkan-dengan-kemajuan-suatu-bangsa.html

Membangun kreatifitas berarti mempertajam pikiran, berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.

Belajar menjadi seorang inovator yang baik. kamu harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama.

Ubahlah kebiasaan dan citra diri. Jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan.

Salam Kreatifitas.

(Res)

 



Post a Comment for "Membangun Kreatifitas Sama Dengan Mempertajam Pikiran, Ini 4 Tahapannya"