Gerakan Sepakbola Wanita Indonesia (GSWI) Resmi Di Deklarasikan, Ini Targetnya

 

GSWi deklarasi
GSWI saat deklarasi

spirit.my.id - Untuk meningkatkan prestasi sepakbola wanita, diperlukan organisasi yang bisa mewujudkan hal tersebut, terkait ini, bertempat di Pakons Prime Hotel, Kota Tangerang Banten, telah dideklarasikan Gerakan Sepakbola Wanita Indonesia (GSWI) dengan Ketua Umum, Nadalsyah, pada Minggu, 5 Juni 2021.

Hadir di acara deklarasi ini, perwakilan dari PSSI, Dr Papat Yuliani, Ruhut Sitompul, yang didapuk sebagai salah satu Pembina GSWI, perwakilan klub sepakbola wanita, asisten pelatih timnas Putri Yopi Riwoe, dua pemain timnas putri yakni Ade Mariska dan Putri cindil dan seluruh pengurus 26 propinsi di Indonesia.

Ketua Umum, Nadalsyah, mengatakan, meski berat tapi ia optimis bisa menjalnkan amanah yang diembannya.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2018/10/jendi-pangabean-sungai-membawanya.html

“Kalau saya pikul sendiri tentunya berat, akan ringan kalau kita bersama – sama memikul organisasi memikirkan bagaimana organisasi ini tumbuh dan berkembang di tanah air,” katanya pada wartawan usai deklarasi.

Lanjut Bupati Barito Putra, kalimantan tengah ini, mengakui prestasi sepakbola wanita di tanah air jalan di tempat, karena itu dirinya dan seluruh pengurus sudah merencanakan program – program yang siap di aplikasikan.

“Tentunya PR - PR kita untuk membesarkan organisasi ini dan kemarin sudah ada Rakernas merumuskan kiat – kiat bagaimana organisasi ini untuk tumbuh dan berkembang di tanah air,” ucapnya.

Dengan hadirnya GSWI, sang Ketua Umum berharap prestasi sepakabola putri akan makin bersinar, sebab itu ia mengajak kepada semua terutama percinta sepkabola khususnya wanita untuk bersama – sama memberikan kontribusi.

“Kita Ingin menggaungkan GSWI ini seperti apa, bahwa banyak kiprah – kiprah dari persatuan sepakbola wanita, akan tetapi banyak yang tidak tahu, salah satunya perempuan ini bisa mengharumkan di kancah intenational. Inilah yang akan kita gaungkn nanti bersama 34 propinsi di Indonesia supaya ada perkembangan pesat” tandas Bupati yang berdarah orang Bandung tersebut.


Untuk mewujudkan hal ini, GSWI yang dipimpinnya sudah menyiapkan turnamen bahkan kompetisi pun sudah menjadi bagian dari rencana yang akan direalisasikan.

“Insya Allah turnamen ada. Kita usulkan ada liga 1,2, supaya GSWI ini diketahui oleh masyarakat. Insya Allah karena ini baru, kita beranjak dimana fokusnya supaya tidak banyak rencana tapi tidak terwujud, step by step,” harapnya.

Pun demikian dengan Dr Papat Yunisal, menerangkan apa yang menjadi focus utama PSSI dalam pengembangan sepakbola wanita menjadi catatan penting untuk ditindak lanjuti.

“Karena tanpa bapak – bapak, ibu – ibu, adik – adik semua, kami bukan siapa – siapa sangat mengharapkan untuk mensosialisasikan dan mempromosikan sepakbola wanita ini disetiap level,”   ujarnya.

Wanita yang juga Dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Cimahi ini, tak lupa  menyampaikan Pertiwi Cup dimana event ini ujungnya adalah untuk timnas

“kan untuk liga itu pemain senior, jadi kami focus dulu untuk Sea Games. Kita juga kerjasama dengan GSWI. Dan nanti ada beberapa event karena tidak hanya Piala AFF selalu ada undangan – undangan yang sifatnya komunitas seperti Gothia Cup, Genesys dan lain - lain,” terangnya.

Bunda Papat pun menegaskan, PSSI siap berkolaborasi dengan GSWI, agar sepekabola wanita makin maksimal dan profesional karena tahun depan sudah mulai focus di Sea Games.

“Mohon daonya karena dengan GSWI ini kami yakin akan muncul  event – event untuk membantu pemain timnas baik itu di level junior maupun senior,” tegasnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Ruhut Sitompul, selaku Pembina,. Ia menandaskan , sepakbola wanita akan maju  jika pemain memiliki tanggung jawab sebagai pemain sepakbola.

“Ada tiga hal yang harus dikerjakan yakni kerja keras, disiplin dan mau belajar, kita semua sepakat, yakinkan pada diri sendiri, jika tiga ini dijalankan kita akan punya keahlian dibidang sepakbola wanita,” ujar Ruhut.

Hadirnya GSWI, disambut antusias oleh kalangan pecinta bola terlebih bagi pemain dan pengurus, seperti yang dilontarkan oleh Ilma Nuraini Bilqis, pemain klub sepakbola wanita Bens FC / MFA Ladies, di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ilma, sapaannya mengaku gembira adanya GSWI. Ia optimis, dibawah kepemimpinan Nadalsyah, GSWI akan maju dan menghasilkan prestasi yang membanggakan.

"Di gelarnya raker dan deklarasi GSWI, sangat berharga sekali bagi perkembangan sepakbola wanita di Indonesia karenaGSWI sendiri memberikan wadah bagi seluruh wanita di Indonesia yang mencintai dunia persepakbolaan untuk berkarir dan berprestasi," katanya.  

Ilma hanya menitip pesan buat para pengurus, bisa menjalankan kepercayaan dan tanggung jawab dengan sebaik - baiknya demi prestasi sepakbola wanita tanah air.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2020/08/memet-punya-cita-cita-ingin-pemkot.html

"Saya sangat berharapkan kepengurusan GSWI dapat bisa sama-sama maju  saling gotong royong, kerjasama, dan solid demi membuat persepakbolaan wanita Indonesia semakin maju dan berjaya," ucapnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Mas Mingun, pengurus dan pelatih asal Bantul Jawa Tengah.

"Iya, masa depan bagus profeknya cerah masa depan nanti bisa sejajar sama liga indonesia," pintanya mengakhiri.

(Res)


 

 

 

Post a Comment for "Gerakan Sepakbola Wanita Indonesia (GSWI) Resmi Di Deklarasikan, Ini Targetnya "