Eks Pemabuk dan Pencandu Narkoba Insaf Karena Faktor Ini

pemuda insyaf

spirit.my.id - Pemuda ini layak dikasih aplaus, pasalnya bisa stop dari dunia hitam, seperti mabuk - mabukan, narkoba dan perbuatan menyimpang lainnya.

Saat ditemui redaksi, pemuda bernama lengkap Muhamad Pradika, menceritakan awal mula masuk dunia gelap.

kala itu kelas 9 SMP, diajak sohib - sohibnya  iseng mencoba, Dika, panggilan karibnya, oke - oke saja, cuma iseng ko! tapi lama - kelamaan merasa asik akhirnya kecanduan.

Artikel Terkait : 



"Karena mungkin faktor lingkungan dan pergaulan, mungkin lagi banyak pikiran jadi melakukan seperti itu. Tapi sekarang Alhamdulilah sudah berhenti,"katanya.

Faktor lain adalah kegalauan hati. Dikira dengan mabuk - mabukan, mengkonsumsi narkoba akan menghilangkan stres. Saat itu, dipikirannya tak ada sedikit pun untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Dulu mungkin masih labil banyak yang ngajakin hayu aja, tapi sekarang sudah mulai dewasa sudah bisa membedakan mana yang salah dan benar, udah mulai belajar agama sedikit - sedikit,"jelas Dika.

Dika pun tak sungkan menuturkan, sangat tak sedap pas pertama kali mencoba barang haram tersebut, tapi karena terus menerus rasa tak sedap itu menghilang.

"Yang dirasakan engga enak sih tapi karena sering jadi kebiasaan. kalau sudah melakukan itu serasa enak, ngefly, engga mikirin ini itu, tapi kalau udah sadar mah kepikiran lagi,"tuturnya sambil tersenyum.

Efek dari perilaku negatipnya itu sangat terasa, pelajaran sulit dicerna, malas, dengan kata lain prestasi sekolah menurun.

Pemuda kelahiran 2001 ini mengungkapkan, kunci utama kembali lagi ke jalan benar karena ingat orang tua yang telah membesarkannya.

"Perjuangan orang tua yang sudah mengasuh dan mendidik, menyekolahkan biar pintar dan baik dari kecil tapi udah gede nakal. Orang tua marah saya terima karena perbuatan saya salah,"urainya lirih.

Tahu Dika berubah, teman - temannya tak tinggal diam, bujukan dan rayuan untuk kembali lagi ke jalan sesat bertubi - tubu dilancarkan, namun sang pemuda mantap, ogah. Malahan sebaliknya, yang pertama kali mengajaknya ke dunia gelap sudah sadar seperti dirinya.

"Orang - orang yang masih mabuk - mabukan, narkoba saya coba deketin saya rangkul saya kasih pemahaman sedikit - sedikit, tapi yang berubah belum ada mudah - mudahan kedepannya mereka bisa berhenti,"ucap Dika optimis.

Dika ingat orang tua, pasti akan kecewa jika tahu anaknya terjerembab dalam pergaulan negatip. Bagusnya menurut Dika, anak muda ciptakan karya nyata yang keren dan bermanfaat.

"Teman - teman yang masih mabuk - mabukan, narkoba cepat sadar berhenti. Bisa lihat bagaimana perjuangan orang tua mengurus dan mendidik.Kalau ada masalah bereskan jangan lari pada hal - hal negatip, raih cita - cita mumpung masih muda,"harapnya menutup.

Baca juga :





(Res)














Post a Comment for "Eks Pemabuk dan Pencandu Narkoba Insaf Karena Faktor Ini"