Gaya Anak Muda Sekarang Harus Bisa Jaga Pergaulan Tampil Di Medsos Apa Adanya

Anak muda bergaya di medsos tak sesuai kenyataan


spirit.my.id – Hidup di era digital seperti sekarang memang sangat mengasyikan, bagaimana tidak, semua yang kita inginkan dapat tersaji dengan mudah, caranya tinggal klik lalu mainkan jari – jari manis apa yang di mau terlihat di layar.

Kemudahan yang ada sekarang tak menampik telah membawa perubahan mendasar pada tatanan hidup, terlebih bagi gaya anak muda.

Masuknya budaya asing, sedikit banyak telah merubah gaya anak muda yang cenderung lebih mengedapankan penampilan luar dari pada prestasi.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2020/01/internet-sejatinya-untuk-kreatifitas.html

Jika boleh membandingkan gaya anak muda baheula (dulu), dinilai kentara sekali rasa hormat dan etika, sekarang, cukup memprihatinkan.

Apakah bisa diatasi krisis moral ini ? tentu saja bisa, asalkan seluruh elemen masyarakat bersinergi membangun kebiasaan – kebiasaan dahulu yang penuh kebersamaan dibudayakan kembali agar anak muda sekarang tahu dan setelah itu mengaplikasikannya dalan kesehariannya.

Harus ada pembiasaan dari hal – hal kecil seperti, berkata jujur, saling menghormati terutama yang lebih muda pada yang tua, menjaga tata krama serta memberikan edukasi pentingnya peran generasi muda dalam pembangunan.

Supaya terwujud, sejatinya di mulai dari lingkungan terdekat yakni keluarga. Peran orangtua sangat krusial dalam menentukan langkah kedepan si anak.

“Saya lihat dan nilai, sebagaian besar anak muda sekarang salah dalam bergaul, entah salah pilih teman hingga masuk lingkungan pergaulan yang tidak baik. Aku juga suka bingung sama yang suka mabuk – mabukan, pakai obat terlarang, apa untungnya, malah merugikan diri sendiri, merusak fisik, menyusahkan orang tua dan merusak masa depan” kata Dinda Pangestu, kepada Budiman Santosa dari spirit media inspiratif.

Dengan kondisi anak muda seperti sekarang, Dinda cukup miris.” Aku juga bukan orang baik, tapi tahu mana yang engga baik,” imbuhnya.

Menurut Mahasiswi tersebut yang lebih parah lagi, ada anak muda yang berpandangan dengan minum –minuman memabukan, memakai obat – obat terlarang seperti narkoba yang menurut si pemakai bisa menghilangkan stress dan frustasi.

“Justru dengan begitu bukan menyelesaikan masalah, tapi justru menambah masalah,” tandasnya.

Yang lebih lucu lagi menurutnya adalah, di media social bergaya seperti orang berduit padahal kenyataan hidupnya pas –pasan. Orang tuanya kerja keras kadang pulang pagi dengan penghasilan tak seberapa.

“Mending sesuai dompetnya aja gayanya apa adanya engga ada yang disembunyiin. Tampil di medsos apa adanya jangan ngebohongin diri sendiri, nanti lama –lama ketahuan juga, malu kan,” ucap Dinda.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2021/02/karena-hidup-sudah-enak-banyak-anak-muda-tak-peduli-lagi-pada-sejarah-bangsa.html

Bagi Dinda, yang penting di jaman milineal ini, tetap santun dengan begitu ketika bergaul setidaknya bisa meredam dampak negatip dari kemajuan jaman dan teknologi.

Dinda optimis anak muda bisa lebih maju lagi dengan syarat ada pembinaan dan perhatian terutama dari pemerintah untuk mengembangkan potensi diri.

“Yah harapannya buat anak muda baik yang seangkatan dengan saya apalagi dibawah saya, bisa jaga pergaulan. Jangan kabita (meniru) gaya yang dari luar jadilah diri sendiri anak muda Indonesia. Harus kuat prinsip, cari dan kembangkan bakat. Sekarang akses lebih mudah, gunakan intenet untuk kembangkan potensi agar masa depan baik,” tuntasnya.

Editor : Restu Nugraha

Reporter : Budiman Santosa

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Gaya Anak Muda Sekarang Harus Bisa Jaga Pergaulan Tampil Di Medsos Apa Adanya"