Ini 5 Nutrisi Yang Bakal Bikin Puasa Kamu Tetap Oke

 

Photo ilustrasi pixabay

spirit.my.id – Gaes, jangan biarkan hari – hari berpuasa kamu dalam keadaan lemah dan lesu. Puasa harus tetap fit dan bugar.

Supaya kondisimu mantap dan kuat saat melakoni puasa, tentu harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan baik saat buka maupun sahur.

Sepeti dikatahui, saat puasa, ada perubahan pada pola makan dan minum, sebab itu, asupan makanan dan minuman perlu  diperhatikan agar puasa kamu tetap lancar dan sukses.

Artikel Terkait :

https://www.spirit.my.id/2020/05/photograper-ini-curhat-soal-bulan-suci.html

Saat berpuasa dalam beberapa jam tubuh kita bakal kekurangan makanan dan cairan, untuk itu perlu diimbangi dengan nutrisi serat dan karbohidrat komplek.

Agar nutrismu dalam tubuh mencukupi saat puasa adalah dengan jumlah porsi makanan yang tidak berlebihan.

Terkait ini, redaksi, memberikan infomasi beberapa nutrisi supaya kamu tetap oke dalam menjalankan puasa.

1. Serat

Serat tidak hanya kamu dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Serat juga terkandung dalam makanan berkarbohidrat, seperti oatmeal dan beras merah, hitam, atau coklat. Serat yang larut akan memperlambat pencernaan, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol dan kadar glukosa darah. Menu sahur dengan makanan berserat tinggi akan membuat kamu tetap berenergi setelah sahur hingga berbuka.

Photo pixabay


2. Vitamin dan Kalsium

Buah dan yoghurt bisa jadi pilihan kamu sebagai menu pembuka dan penutup untuk saat sahur. Keduanya memiliki kandungan vitamin, serat, dan kalsium. Pilihlah yoghurt untuk menghindari kenaikan berat badan selama berpuasa. Hindari minuman berkafein, sebab dapat meningkatkan istirahat yang cukup. Maka dari itu, kafein sebaiknya dihilangkan dari menu sahur kamu.

3. Protein

Ikan, telur, dan ayam lebih disarankan daripada daging merah untuk memperoleh nutrisi protein yang lebih maksimal. Kandungan protein memberikan beberapa manfaat, terutama menyiapkan energi yang akan digunakan sepanjang waktu puasa. Di samping itu, makanan dengan protein tinggi mudah dibuat dengan berbagai metode memasak sesuai dengan selera sehingga kamu tidak mudah bosan dengan adanya beragam menu untuk sahur. Hindari memasak makanan dengan tinggi garam, karena dapat menyebabkan kamu lebih haus saat berpuasa.

4. Karbohidrat

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat melindungi pencernaan kamu dari berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker usus, asma, dan penyakit Alzheimer. Gandum utuh atau gandum dalam oatmeal lebih bernutrisi daripada nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana atau olahan biasanya membuat seseorang mudah lapar dan nutrisinya lebih rendah.

Baca Juga :

https://www.spirit.my.id/2021/03/lebih-genit-salah-satu-ciri-masa-puber-kedua-pria.html

5. Zat Besi

Zat besi harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan sehari-hari supaya terhindar dari penyakit anemia. Untuk mendapatkan kandungan zat besi kamu dapat mengonsumsi sayuran seperti bayam atau brokoli untuk memenuhi kebutuhan zat besi saat sedang berpuasa. Di samping itu, kamu juga bisa mengganti nasi dengan quinoa, semacam tanaman biji atau padi yang memiliki kandungan 2,8 miligram zat besi dalam 185 gram quinoa.

Apabila kamu rutin memenuhi kecukupan nutrisi di atas selama berpuasa, dijamin puasa kamu tidak akan lemas dan maksimal.

Sumber : halodoc

(Res)

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Ini 5 Nutrisi Yang Bakal Bikin Puasa Kamu Tetap Oke"